PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 KALEDUPA

Wa Ode Darniwanti, NIM. 16010101141, W (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 KALEDUPA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Wa Ode Darniwanti, NIM. 16010101141 “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri I Kaledupa” Pogram Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melalui bimbingan ibu Raehang, S. Ag. M. Pd.I Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Penerapan Model Pembelajarann Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division ), pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri I Kaledupa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dengan 2 siklus, pada siswa kelas X semester Ganjil tahun 2020/2021. Prosedur penelitian ini meliputi, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif dengan maksud untuk memberikan gambaran peningkatan kualitas belajar siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperati tipe STAD melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Tipe STAD pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri I Kaledupa. Hal tersebut dapat dilihat bahwa terjadi interaksi yang baik selama pembelajaran sehingga persentase aktivitas guru siklus I mencapai 73,52% dengan kategori sangat baik dan persentase peningkatannya sebesar 17,65%. Sedangkan aktivitas siswa persentasenya mencapai 73,52% dengan persentase peningkatan sebesar 17,65%. Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal ini dibuktikan pada hasil belajar siswa sebelum pelaksanaan tindakan dengan nilai rata-rata 70,15% dengan persentase sebanyak 48,48%. Setelah dilakukan tindakan siklus 1 dengan nilai rata-rata 77,87 hasil belajar siswa meningkat dengan presentase ketuntasan 75,75%. Sedangkan pada siklus II presentase hasil belajar siswa meningkat secara signifikan yaitu dengan nilai rata-rata 88,48 dengan presentase ketuntasan 96,96%. Pesentase peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I adalah 11,00%. Pesentase peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah 13,62%. Pesentase peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus II adalah sebesar 26,12%. Kata Kunci: Kooperatif Tipe STAD ,Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kooperatif Tipe STAD ,Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe STAD ,Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:34
Last Modified: 10 Mar 2022 03:34
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3379

Actions (login required)

View Item View Item