PENGARUH PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KENDARI

Nur Khofifa Ayu Harisatyma, NIM. 17010108071, N (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (451kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf

Download (283kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf

Download (381kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Mahasiswa. Nur Khofifa Ayu Harisatyma, NIM. 17010108071, Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi CoViD-19 terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Kendari. Dibimbing oleh Ir. Muragmi Gazali, M.Ed. Penelitian kuantitatif deskriptif ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring pada masa pandemi CoViD-19 terhadap motivasi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kendari; (2) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring pada masa pandemi CoViD-19 terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kendari; (3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring pada masa pandemi CoViD-19 terhadap motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kendari. Data dikumpulkan melalui angket (kuesioner) dan dokumentasi pada siswa XI MIPA SMA Negeri 1 Kendari. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial yang berupa uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran daring berpengaruh terhadap motivasi belajar Biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kendari yang dibuktikan dengan data hasil uji hipotesis bahwa nilai thitung sebesar 7.043; (2) Pembelajaran daring tidak berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kendari yang dibuktikan dengan data hasil uji hipotesis bahwa nilai thitung sebesar 0.961; (3) Pembelajaran daring berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kendari dengan nilai simultan dari hasil uji Manova (Multivariate Analysis of Anova) yang memiliki nilai Signifikansi rata-rata berada dibawah 0.05 (0.000 < 0.05). Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pandemi CoViD-19, Motivasi, Hasil Belajar, Pembelajaran Biologi x ABSTRACT Student name. Nur Khofifa Ayu Harisatyma, NIM. 17010108071, The Effect of Online Learning During the CoViD-19 Pandemic on Motivation and Biology Learning Outcomes of Class XI Students of SMA Negeri 1 Kendari. Supervised by Ir. Muragmi Gazali, M.Ed. This descriptive quantitative research aims to: (1) To find out the effect of online learning during the CoViD-19 pandemic on the motivation of class XI students at SMA Negeri 1 Kendari; (2) To determine the effect of online learning during the CoViD-19 pandemic on Biology learning outcomes for class XI students at SMA Negeri 1 Kendari; (3) To determine the effect of online learning during the CoViD-19 pandemic on the motivation and learning outcomes of class XI students at SMA Negeri 1 Kendari. Data were collected through a questionnaire and documentation on students of XI MIPA SMA Negeri 1 Kendari. The analytical technique used in testing the hypothesis is descriptive and inferential statistical analysis techniques in the form of prerequisite tests and hypothesis testing. The results of the study show that: (1) Online learning has an effect on the motivation to learn Biology of class XI MIPA students at SMA Negeri 1 Kendari as evidenced by the data from hypothesis testing that the tvalue 7.043; (2) Online learning has no effect on Biology learning outcomes for students of class XI MIPA at SMA Negeri 1 Kendari as evidenced by the data from hypothesis testing that the tvalue 0.961; (3) Online learning affects the motivation and learning outcomes of Biology students of class XI MIPA at SMA Negeri 1 Kendari with the simultaneous value of the results of the Manova test (Multivariate Analysis of Anova) which has an average significance value below 0.05 (0.000 < 0.05). Keywords: Online Learning, CoViD-19 Pandemic, Motivation, Learning Outcomes, Biology Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembelajaran Daring, Pandemi CoViD-19, Motivasi, Hasil Belajar, Pembelajaran Biologi
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Pandemi CoViD-19, Motivasi, Hasil Belajar, Pembelajaran Biologi
Subjects: Kinerja Guru
Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 15 Mar 2022 00:47
Last Modified: 15 Mar 2022 00:47
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3389

Actions (login required)

View Item View Item