Pengaruh Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 3 Wangi�Wangi Selatan.

Fikran Taslim, NIM:16010110002, F (2022) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 3 Wangi�Wangi Selatan. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
L. BAB I.pdf

Download (986kB)
[img] Text
M. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
N. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
O. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
P. BAB V.pdf

Download (408kB)
[img] Text
Q. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)

Abstract

ABSTRAK Fikran Taslim, NIM:16010110002. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 3 Wangi�Wangi Selatan. (Dibimbing Oleh: Ir. Hj Ety Nur Inah, M.Si) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar matematika yang diajarkan melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, 2) Hasil belajar matematika yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional, 3) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Wangi-Wangi Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik penarikan sampel adalah cluster sampling dengan menentukan dua kelas yang memiliki varians terdekat dari hasil belajar sebelumnya sebagai kelas eksperimen dan kelas control. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji kesamaan rata-rata dan uji peningkatan hasil belajar. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata posttest sebesar 82,14 sedangkan Untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata post test sebesar 65,71. Setelah dilakukan uji hipotesis data tes akhir menggunakan uji-t didapat bahwa t������ > t� �� yaitu 4,30 > 1,99 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Hasil perhitungan gain score kelas ekperimen diperoleh rata-rata pre-test 47,14 dan rata-rata posttest 82,14 sehingga diperoleh gain 0,662. Kelas kontrol diperoleh rata-rata pte-test 47,14 dan rata-rata posttest 65,71 sehingga diperoleh gain 0,351. Kedua kelas tersebut memiliki kriteria gain sedang, namun pada kelas ekperimen memiliki nilai gain lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, dan Model Pembelajaran Konvensiona

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DAFTAR PUSTAKA Afandi, M. Chamalah, E. Dan Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Disekolah. Semarang: Unissula Press. Arif, Nur, Dkk. (2016). The Implementation Of Carousel Feedback And Two Stay Two Stray Learning Models To Enhance Students’ Self Efficacy And Social Studies Learning Outcome. IOSR Journal And Social Science.Vol. 21. Astiningsih, N. L., Suarjana, I. M., dan Murda, I. N. (2014). Pengaruh Model Core Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Volume 2 Nomor 1 Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an Perkata Tajwid Warna Robbani. Jakarta: Surprise Dewi, I. D. A. S., Wiarta I. W., Dan Meter, I. G. (2014). Model Reciprocal Teaching (Pembelajaran Timbal Balik) Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus Mayor Metra. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Volume 2 Nomor 1 Haryati, M. (2013). Model Dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Referensi Haryati, S. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Graha Cindekia Hayatina, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Medan, Medan Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis Dan Pragmatis. Yogjakarta: Pustaka Pelajar Ichsan, M. (2016). Psikologi Pendidikan dan Ilmu Mengajar. Jurnal Edukasi. Volume 2 Nomor 1 Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2017). Matematika : Buku Guru Untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud Margono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta 68 Martono, N. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Analisis Isi Dan Data Sekunder. Jakarta: Raja Grafindo Persada Maulana, M. Dan Hidayati, N. A. (2017). Two Stay Two Stray Cooperative Learning Model In Mathematics Learning Outcomes. Yogyakarta: Jurnal Daya Matematis. Volume 5 Nomor 3 Neolaka, A. (2014). Metode Peneltian Dan Statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya. Nurohman, R. A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Punggur Semester Genap tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi Sarjana. Universitas Lampung, Bandarlampung Nuryadi, Dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media Parsa, I. M, (2017). Proses Dan Hasil Belajar. Kupang: Rasi Terbit Prasetyo, B. Dan Jannah, L. M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif : Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada Qadrianti, N. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Yang Menerapkan Model Pembelajaran Connecting-Organizingreflecting-Extending (Core) Dan Reciprocal Teaching Ditinjau Dari Waktu Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri Sungguminasa Kabupaten Gowa. Skripsi Sarjana. Universitas Alauddin Makassar, Makassar Rediarta, I. W., Sudarma, I. K., dan Murda, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD Volume 2 Nomor 1 Rosita, D. F. D., Soetjipto, B. E., Dan Utaya, S. (2016). The Implementation Of TSTS And Round Robin Learning Models To Enhance Communication Skill And Social Studies Learning Outcome For The Fourth Grade Students. IOSR Journal Of Research And Method Education.Volume 6 Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi Dua). Jakarta: Raja Grafindo Persada Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group Setiawati, dkk. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Sitorus, M. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Medan: Perdana Mulya Sarana 69 Soimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Sryanti, L. (2011). Psikologi Belajar. Salatiga: STAIN Salatiga Press Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Sudjana, N. (2015). Motode Statistika. Bandung: Tarsito. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Cet. Ke-21. Bandung: Alfabeta Susanto, J. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study dengan Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SD. Journal of Primary Educational, Vol. 1 No. 2 Widiastuti, E. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTSN 02 Semarang. Skripsi Sarjana. Universitas Negeri Semarang, Semarang Widiyanto, J. (2018). Evaluasi Pembelajaran. Madiun: UNIPMA PRESS SUMBER LAIN: Permendikbud No 24 Tahun 2016 Tentang KI Dan KD Kurikulum 2013 Materi Pembelajaran SMP Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 1
Uncontrolled Keywords: DAFTAR PUSTAKA Afandi, M. Chamalah, E. Dan Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Disekolah. Semarang: Unissula Press. Arif, Nur, Dkk. (2016). The Implementation Of Carousel Feedback And Two Stay Two Stray Learning Models To Enhance Students’ Self Efficacy And Social Studies Learning Outcome. IOSR Journal And Social Science.Vol. 21. Astiningsih, N. L., Suarjana, I. M., dan Murda, I. N. (2014). Pengaruh Model Core Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Volume 2 Nomor 1 Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an Perkata Tajwid Warna Robbani. Jakarta: Surprise Dewi, I. D. A. S., Wiarta I. W., Dan Meter, I. G. (2014). Model Reciprocal Teaching (Pembelajaran Timbal Balik) Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus Mayor Metra. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Volume 2 Nomor 1 Haryati, M. (2013). Model Dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Referensi Haryati, S. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Graha Cindekia Hayatina, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Medan, Medan Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis Dan Pragmatis. Yogjakarta: Pustaka Pelajar Ichsan, M. (2016). Psikologi Pendidikan dan Ilmu Mengajar. Jurnal Edukasi. Volume 2 Nomor 1 Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2017). Matematika : Buku Guru Untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud Margono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta 68 Martono, N. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Analisis Isi Dan Data Sekunder. Jakarta: Raja Grafindo Persada Maulana, M. Dan Hidayati, N. A. (2017). Two Stay Two Stray Cooperative Learning Model In Mathematics Learning Outcomes. Yogyakarta: Jurnal Daya Matematis. Volume 5 Nomor 3 Neolaka, A. (2014). Metode Peneltian Dan Statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya. Nurohman, R. A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Punggur Semester Genap tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi Sarjana. Universitas Lampung, Bandarlampung Nuryadi, Dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media Parsa, I. M, (2017). Proses Dan Hasil Belajar. Kupang: Rasi Terbit Prasetyo, B. Dan Jannah, L. M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif : Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada Qadrianti, N. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Yang Menerapkan Model Pembelajaran Connecting-Organizingreflecting-Extending (Core) Dan Reciprocal Teaching Ditinjau Dari Waktu Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri Sungguminasa Kabupaten Gowa. Skripsi Sarjana. Universitas Alauddin Makassar, Makassar Rediarta, I. W., Sudarma, I. K., dan Murda, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD Volume 2 Nomor 1 Rosita, D. F. D., Soetjipto, B. E., Dan Utaya, S. (2016). The Implementation Of TSTS And Round Robin Learning Models To Enhance Communication Skill And Social Studies Learning Outcome For The Fourth Grade Students. IOSR Journal Of Research And Method Education.Volume 6 Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi Dua). Jakarta: Raja Grafindo Persada Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group Setiawati, dkk. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Sitorus, M. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Medan: Perdana Mulya Sarana 69 Soimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Sryanti, L. (2011). Psikologi Belajar. Salatiga: STAIN Salatiga Press Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Sudjana, N. (2015). Motode Statistika. Bandung: Tarsito. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Cet. Ke-21. Bandung: Alfabeta Susanto, J. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study dengan Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SD. Journal of Primary Educational, Vol. 1 No. 2 Widiastuti, E. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTSN 02 Semarang. Skripsi Sarjana. Universitas Negeri Semarang, Semarang Widiyanto, J. (2018). Evaluasi Pembelajaran. Madiun: UNIPMA PRESS SUMBER LAIN: Permendikbud No 24 Tahun 2016 Tentang KI Dan KD Kurikulum 2013 Materi Pembelajaran SMP Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 1
Subjects: Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 24 Mar 2022 07:03
Last Modified: 24 Mar 2022 07:03
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3409

Actions (login required)

View Item View Item