MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN MENGGUNAKAN BATANG KOREK API DI TK AL KAUTSAR KECAMATAN SORAWOLIO KOTA BAUBAU

ARNI, NIM KL. 14010101044 (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN MENGGUNAKAN BATANG KOREK API DI TK AL KAUTSAR KECAMATAN SORAWOLIO KOTA BAUBAU. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
ARNI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Arni. NIM KL. 14010101044. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Dengan Menggunakan Batang Korek Api di TK Al Kautsar Kecamatan Sorawolio Kota Baubau. (Dibimbing oleh Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berhitung melalui permainan dengan menggunakan media batang korek api. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dimaksudkan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan oleh guru. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok A TK Al Kautsar Kecamatan Sorawolio yang berjumlah 12 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan kemampuan berhitung anak di TK Al Kautsar setelah menggunakan media batang korek api mengalami peningkatan yang optimal. Pada saat pre test kemampuan berhitung anak hanya sebesar 31,39%. Namun setelah dilakukan penelitian tindakan kelas selama tiga siklus kemampuan berhitung anak mengalami peningkatan. Pada akhir penelitian diperoleh nilai kemampuan berhitung anak dengan menggunakan media batang korek api adalah sebesar 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: BERHITUNG, PERMAINAN, BATANG KOREK API
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 04 Oct 2017 01:06
Last Modified: 04 Oct 2017 01:06
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

View Item View Item