MANAJEMEN PENGELOLAAN BIAYA PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI PADA BANK BNI SYARIAH DI KENDARI

Muh. Rezky, NIM : 16040204003, M (2022) MANAJEMEN PENGELOLAAN BIAYA PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI PADA BANK BNI SYARIAH DI KENDARI. Masters thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (312kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)

Abstract

Nama: Muh. Rezky, NIM : 16040204003 dengan Judul Penelitian: “Peran Bank BNI Syariah terhadap Biaya Pelaksanaan Ibadah Haji di Kota Kendari” (Pembimbing I: Dr. H.Rusdin Muhalling, M. EI, Pembimbing II: Dr. Ashadi L. Diab, M. Hum) ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang Manajemen pengelolaan Bank BNI Syariah terhadap biaya Pelaksanaan ibadah haji dengan sistem pengelolaan dalam membantu proses melakukan pembayaran biaya ibadah haji. Adapun Rumusan Penelitian dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Manajemen yang telah diterapkan Bank BNI Syariah terhadap Biaya Pelaksanaan Ibadah Haji di Kendari, mendeskripsikan keuntungan Calon Jama’ah Haji terhadap Manajemen Pengelolaan Biaya Pelaksanaan Ibadah Haji pada Bank BNI Syariah di Kota Kendari dan mendeskripsikan Faktor penghambat dan faktor pendukung yang mempengaruhi Sistem Pengelolaan biaya Pelaksanaan ibadah haji pada Bank BNI Syariah di Kota Kendari. Penelitian ini dilakukan di PT Bank BNI Syariah Kota Kendari sebagai informasi data lengkap untuk sebuah penelitian. Metode penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan secara intensif, terperinci, dan mendalam terhadap suatu objek dengan mempelajarinya sebagai penggalian terhadap sebuah bahan pengetahuan awal. Sedangkan metode dalam penyusunan tesis ini menggunakan metode kualitatif, karena di dalam pengumpulan data berfungsi sebagai instrument, yang berusaha mengikuti asumsi-asumsi kultural dan mengikuti data kualitatif. Jenis penelitian yang menggunakan metode diskriptif kualitatif lebih mementingkan proses daripada hasil. Narasi kejadian yang terjadi dilapangan lebih komprehensif dan mendalam atau data yang valid dan akurat peneliti memperoleh dengan cara peneliti terjun langsung ke lokasi penelitian dengan melakukan wawancara, pendokumentasian kejadian. Hasil Penelitian ini mengunkap permasalahan yang ada pada masyarakat tentang Manajemen yang telah diterapkan oleh Bank BNI Syariah terhadap Biaya pelaksanaaan Ibadah Haji di Kota Kendari yang terkait dengan sebagai pelayanan biaya ibadah haji dapat melaksanakan ibadah / dalam bentuk berdimensi kemanusiaan. Tidak hanya Selain kegiatan biasa mereka lakakukan, Bank BNI Syariah dapat juga memberdayakan masyarakat dalam sistem layanan lain, dari program inilah masyarakat bisa merasakan keberadaan melaksanakan ibadah haji yang sesungguhnya, yakni sebagai sebuah pengelolaan layanan ibadah haji yang tugasnya tidak hanya melayani calon jema’ah haji atau pasca haji saja, tetapi juga mampu memberikan perhatian terhadap peningkatan rasa keperhatian / kepedulian terhadap masyarakat luas melalui anggotanya. masyarakat memilih Bank BNI Syariah merupakan salah satu menjadi pilihan dari sumber pembayaran biaya ibadah haji serta kegiatan pelayanan lain bagi masyarakat, karena didasari bahwa bentuk sebuah kebutuhan yang sangat penting dalam biaya ibadah haji itu sendiri. Ibadah haji adalah ibadah yang banyak mengandung nilai-nilai sosial dan pelaksanaanya selalu didukung oleh berbagai pihak dan calon jamaah yang berniat melaksanakan ibadah haji atau umrah serta mereka yang telah melaksanakan ibadah suci tersebut. Ada dua faktor yang mempengaruhi pelayanan dalam ibadah haji yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dalam penganalisaan yang merupakan faktor internal adalah kekuatan dan kelemahan. Faktor internal merupakan segala aspek yang berada dalam suatu lembaga pelayanan, baik faktor yang mendukung ataupun faktor yang menghambat. Sedangkan faktor yang berikutnya adalah faktor eksternal. Faktor eksternal merupakan faktor dari luar yang mempengaruhi kegiatan pelayanan. Name: Muh. Rezky, NIM: 16040204003 with Research Title: "The Role of BNI Syariah Bank on the Cost of Hajj in Kendari City" (Supervisor I: Dr. H. Rusdin Muhalling, M. EI, Supervisor II: Dr. Ashadi L. Diab, M. Hum) ABSTRACT This study discusses the BNI Syariah Bank performing a service system for the cost of the pilgrimage by helping the process of making the cost of the pilgrimage. The purpose of this study is to describe the role of BNI Syariah Bank on the Cost of Hajj Implementation in Kendari City, describe the benefits of Hajj Candidates for the Cost of Hajj Implementation at BNI Syariah Bank in Kendari City and describe what factors influence the mechanism of Hajj The cost of Hajj implementation at the BNI Syariah Bank in Kendari City. This research was conducted at PT Bank BNI Syariah Kendari City as complete data information for a study. This research method is an intensive, detailed and in-depth study of an object by studying it as an excavation of an initial knowledge material. While the method in preparing this thesis uses a qualitative method, because in data collection it functions as an instrument, which attempts to follow cultural assumptions and follows qualitative data. This type of research using qualitative descriptive methods is more concerned with the process rather than the results. Narrative events that occur in the field are more comprehensive and in-depth or valid and accurate data that researchers obtain by researchers jumping directly into the study site by conducting interviews, documenting events. The results of this study reveal the problems that exist in the community the role of BNI Syariah Bank on the cost of Hajj in Kendari City related to the existence of BNI Syariah Bank in the community is a mirror of unity and integrity in the ethics of Islamic brotherhood. Communities that have been incorporated as a service for the cost of the pilgrimage can carry out worship / in the form of a more humanitarian social dimension. What is not only In addition to their usual activities, BNI Syariah Bank can also be able to have one of the activities namely analyzing / supervising whose task is to empower the surrounding community, from this program the community can feel the existence of carrying out the actual pilgrimage, namely as a management of the pilgrimage services whose job is not only to serve prospective pilgrims or post-hajj pilgrimage, but also able to give attention to increasing the sense of concern / concern for the wider community through its members. people choose BNI Syariah Bank to be one of the choices of sources of payment for the cost of the pilgrimage and other service activities for the community, because it is based on the form of a very important need in the cost of the pilgrimage itself. From this pilgrimage is a worship that contains a lot of social values and its implementation is always supported by various parties and prospective pilgrims who intend to carry out the pilgrimage or umrah as well as those who have performed the holy worship. In analyzing the data, the writer tries to find out what factors influence the service activities. Apparently there are two factors that affect service in the pilgrimage, namely internal factors and external factors. In analyzing which are internal factors are strengths and weaknesses. Internal factors are all aspects that are in a service institution, both supporting and inhibiting factors. While the next factor is external factors. External factors are external factors that affect service activities. االطٌ: رسقٜ ، 16040204003: NIMٍغ ػْ٘اُ اىجحش: "دٗر ثْل ط٘رٝب اى٘طْٜ فٜ رنيفخ اىحظ فٜ ٍذْٝخ مْذارٛ" )اىَشزف األٗه: د. ٕـ. رٗطذِٝ ٍ٘ىْٞغ ، EI. M ،اىَشزف اىضبّٜ: د. آشبدٛ دٝبة ، ً. ََٕٖخ) اىَيخص رْبقش ٕذٓ اىذراطخ قٞبً ثْل Syariah BNI ثزْفٞذ ّظبً خذٍخ ٍقبثو رنيفخ اىحظ ٍِ خاله اىَظبػذح فٜ ػَيٞخ رحذٝذ رنيفخ اىحظ. اىغزض ٍِ ٕذٓ اىذراطخ ٕ٘ ٗصف دٗر ثْل طٜ إُ آٛ طٞبرٝب ثْل فٜ رطجٞق رنيفخ اىحظ فٜ ٍذْٝخ مْذارٛ ، ٗٗصف ف٘ائذ اىَزشحِٞ ىحظ رطجٞق رنيفخ اىحظ فٜ ثْل طٜ إُ آر طٜ ثْل فٜ ٍذْٝخ مْذارٛ ٗٗصف اىؼ٘اٍو اىزٜ رؤصز ػيٚ آىٞخ اىحظ. رنيفخ رْفٞذ اىحظ فٜ ثْل طٜ إُ آٛ طٞزٝب فٜ ٍذْٝخ مْذارٛ. أعزٛ ٕذا اىجحش فٜ City Kendari Syariah BNI Bank PT مَؼيٍ٘بد مبٍيخ ىيجٞبّبد ىيذراطخ. طزٝقخ اىجحش ٕذٓ ٕٜ دراطخ ٍنضفخ ٍٗفصيخ ٍٗزؼَقخ ىنبئِ ٍب ٍِ خاله دراطزٔ مزْقٞت ىَبدح ٍؼزفخ أٗىٞخ. فٜ حِٞ أُ اىطزٝقخ اىَظزخذٍخ فٜ إػذاد ٕذٓ األطزٗحخ رظزخذً طزٝقخ ّ٘ػٞخ ، فٖٜ رؼَو فٜ عَغ اىجٞبّبد مأداح رحبٗه ارجبع طزقً ٗصفٞخ ّ٘ػٞخ ٖٝزٌ أمضز ثبىؼَيٞخ االفززاضبد اىضقبفٞخ ٗرزجغ اىجٞبّبد اىْ٘ػٞخ. ٕذا اىْ٘ع ٍِ اىجحش اىذٛ ٝظزخذً ب ب أٗ صحخ ٗدقخ ٝحصو ثذالً ٍِ اىْزبئظ. األحذاس اىظزدٝخ اىزٜ رحذس فٜ ٕذا اىَغبه ٕٜ ثٞبّبد أمضز شَ٘الً ٗػَقً ػيٖٞب اىجبحضُ٘ ٍِ خاله قفش اىجبحضِٞ ٍجبشزحً إىٚ ٍ٘قغ اىذراطخ ػِ طزٝق إعزاء ٍقبثالد ٗر٘صٞق األحذاس. رنشف ّزبئظ ٕذٓ اىذراطخ ػِ ٗع٘د ٍشبمو فٜ اىَغزَغ رزَضو فٜ دٗر ثْل ثْٜ ط٘رٝخ اىظزٝبّٜ ػيٚ رنيفخ اىحظ فٜ ٍذْٝخ مْذارٛ فَٞب ٝزؼيق ث٘ع٘د ثْل طٜ إُ آر طٞٞبٓ فٜ اىَغزَغ ٕٗ٘ ٍزآح ىي٘حذح ٗاىْشإخ فٜ أخالقٞبد األخ٘ح اإلطالٍٞخ. َٝنِ ىيَغزَؼبد اىزٜ رٌ دٍغٖب مخذٍخ ىزغطٞخ رنيفخ اىحظ أُ رقً٘ ثبىؼجبدح / فٜ شنو ثُؼذ اعزَبػٜ إّظبّٜ أمضز. ٍب ٕ٘ ىٞض فقظ ثبإلضبفخ إىٚ أّشطزٖب اىَؼزبدح ، َٝنِ أُ ٝنُ٘ Bank Syariah BNI أٝ ًضب قبد ًرا ػيٚ رْفٞذ أحذ األّشطخ ، أٛ اىزحيٞو / اإلشزاف اىذٛ رزَضو ٍَٖزٔ فٜ رَنِٞ اىَغزَغ اىَحٞظ ، ٍِ خاله ٕذا اىجزّبٍظ ، َٝنِ ىيَغزَغ أُ ٝشؼز ث٘ع٘د اىقٞبً ثبىحظ اىفؼيٜ ، أٛ إدارح خذٍبد اىحظ ٗظٞفزٔ ىٞظذ فقظ خذٍخ اىحغبط اىَحزَيِٞ أٗ اىحظ ثؼذ اىحظ ، ٗىنِ أٝضب قبدرح ػيٚ إٝالء االٕزَبً ىشٝبدح اىشؼ٘ر ثبىقيق / االٕزَبً ىيَغزَغ األٗطغ ٍِ خاله أػضبئٖب. ٝخزبر اىْبص Bank Syariah BNI ىٞنُ٘ أحذ خٞبراد ٍصبدر اىذفغ ٍقبثو رنيفخ اىحظ ٗأّشطخ اىخذٍبد األخزٙ ىيَغزَغ ، ألّٔ ٝقً٘ ػيٚ شنو حبعخ ٍَٖخ ىيغبٝخ فٜ رنيفخ اىحظ ّفظٔ. ٍِ ٕذا اىحظ ٕ٘ اىؼجبدح اىزٜ رحز٘ٛ ػيٚ اىنضٞز ٍِ اىقٌٞ االعزَبػٞخ ٗٝزٌ دػٌ رْفٞذٕب دائَب ٍِ قجو ٍخزيف األطزاف ٗاىحغبط اىَحزَيِٞ اىذِٝ ٝؼزشٍُ٘ اىقٞبً ثبىحظ أٗ اىؼَزح ٗمذىل أٗىئل اىذِٝ ٝؤدُٗ اىؼجبدح اىَقذطخ. ػْذ رحيٞو اىجٞبّبد ، ٝحبٗه اىنبرت ٍؼزفخ اىؼ٘اٍو اىزٜ رؤصز ػيٚ أّشطخ اىخذٍخ. ٝجذٗ أُ ْٕبك ػبٍيِٞ ٝؤصزاُ ػيٚ اىخذٍخ فٜ اىحظ ، َٕٗب اىؼ٘اٍو اىذاخيٞخ ٗاىؼ٘اٍو اىخبرعٞخ. فٜ رحيٞو اىؼ٘اٍو اىذاخيٞخ ٕٜ ّقبط اىق٘ح ٗاىضؼف. اىؼ٘اٍو اىذاخيٞخ ٕٜ عَٞغ اىغ٘اّت اىَ٘ع٘دح فٜ ٍؤطظخ اىخذٍبد ، ط٘اء اىؼ٘اٍو اىذاػَخ ٗاىَضجطخ. ثَْٞب اىؼبٍو اىزبىٜ ٕ٘ اىؼ٘اٍو اىخبرعٞخ. اىؼ٘اٍو اىخبرعٞخ ٕٜ اىؼ٘اٍو اىخبرعٞخ اىزٜ رؤصز ػيٚ أّشطخ اىخذٍخ

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: BANK SYARIAH
Uncontrolled Keywords: BANK SYARIAH
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Ekonomi Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 01 Apr 2022 07:03
Last Modified: 01 Apr 2022 07:03
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3441

Actions (login required)

View Item View Item