PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 KONAWE SELATAN

Arista Wijayanti Lika, NIM. 17010108079, A (2022) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Mahasiswa. Arista Wijayanti Lika, NIM. 17010108079, Pengaruh Persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Konawe Selatan. Dibimbing oleh Ir. Muragmi Gazali, M.Ed. Penelitian kuantitatif deskriptif ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru biologi di SMA Negeri 3 Konawe Selatan; (2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar Biologi siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Konawe Selatan. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi pada siswa XI MIA. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial yang berupa uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru biologi di SMA Negeri 3 Konawe Selatan memiliki kategori sedang. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai frekuensi 40 dan nilai presentasi 65,3 %; (2) Persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru berpengaruh terhadap prestasi belajar biologi kelas XI MIA. Hal itu dapat dilihat dari hasil uji hipotesis bahwa nilai thitung sebesar 2.399. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Persepsi Siswa, Prestasi Belajar. x ABSTRACT This descriptive quantitative study aims to: (1) determine students' perceptions of the pedagogic competence of biology teachers at SMA Negeri 3 Konawe Selatan; (2) determine the effect of students' perceptions of the teacher's pedagogic competence on the Biology learning achievement of class XI students at SMA Negeri 3 Konawe Selatan. The data of this study were collected through a questionnaire and documentation on XI MIA students. The technique of analysis used in testing the hypothesis is descriptive and inferential statistical analysis in the form of prerequisite tests and hypothesis testing. The results in this study showed that: (1) students' perceptions of the pedagogic competence of biology teachers at SMA Negeri 3 Konawe Selatan were in the moderate category. That is proven by the frequency value of 40 and the presentation value of 65.3%; (2) the students' perceptions on teachers’ pedagogic competence affect the learning achievement of biology class XI MIA. It can be seen from the data from the hypothesis test that the tcount value is 2,399. Keywords: Teacher Pedagogic Competence, Students’ Perception, Learning Achievement

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kompetensi Pedagogik Guru, Persepsi Siswa, Prestasi Belajar.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Persepsi Siswa, Prestasi Belajar.
Subjects: Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 04 Apr 2022 00:57
Last Modified: 04 Apr 2022 00:57
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3451

Actions (login required)

View Item View Item