PERANAN SUPERVISOR DALAM MENGATASI KESULITAN GURU MELAKSANAKAN TUGAS PEMBELAJARAN DI SDN 2 KEISIO KECAMATAN LALOLAE KABUPATEN KOLAKA TIMUR

SURTIN, NIM : 0900101015 (2014) PERANAN SUPERVISOR DALAM MENGATASI KESULITAN GURU MELAKSANAKAN TUGAS PEMBELAJARAN DI SDN 2 KEISIO KECAMATAN LALOLAE KABUPATEN KOLAKA TIMUR. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (68kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Surtin, NIM. 09 01 01 01 015, “Peranan Supervisor dalam Mengatasi Kesulitan Guru Melaksanakan Tugas Pembelajaran Di SDN 2 Keisio Kecamatan Lalolae Kabupaten Kolaka Timur (dibimbing oleh Dr. Hj. Siti Hasniati Gani Ali, M.Pd.I dan Drs. H. Moh Yahya Obaid, M.Ag) Skripsi ini membahas peranan supervisor dalam mengatasi kesulitan guru melaksanakan tugas pembelajaran di SDN 2 Keisio Kecamatan Lalolae Kabupaten Kolaka Timur. Pokok permasalahan adalah bagaimana peranan supervisor dalam mengatasi kesulitan guru melaksanakan tugas pembelajaran di SDN 2 Keisio Kecamatan Lalolae Kabupaten Kolaka Timur. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, dan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dimana peneliti menunjuk sampel yang dijadikan sebagi informan. Dan para informan yang ditunjuk adalah mereka yang benar-benar mengalami permasalahan yang diteliti, yakni kepala sekolah, guru-guru, serta supervisor pendidikan di SDN 2 Keisio. Data diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data merupakan proses akhir dari penelitian yang dilakukan berupa pengolahan data hasil penelitian dalam bentukl deskriptif kualitatif. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah teknik trianggulasi. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mengetahui aktivitas suvervisor, peran supervisor dalam mengatasi kesulitan mengajar guru serta mengetahui bentuk-bentuk kesulitan mengajar yang dialami oleh guru di SDN 2 Keisio. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan supervisor dalam mengatasi kesulitan guru melaksanakan tugas pembelajaran di SDN 2 Keisio diterapkan secara efektif guna untuk membantu guru, upaya-upaya yang dilakukan adalah pemanfaatan media pembelajaran, tingkat kedisiplinan guru, menyiapkan perangkat pembelajaran secara lengkap, dan pemilihan metode pembelajaran yang tepat serta melengkapi sarana dan prasarana sehingga tercapai tujuan guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran. Meskipun demikian telah dilaksanakan /diterapkan hasilnya belum optimal yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Siti Hasniati Gani Ali, M.Pd.I dan Drs. H. Moh Yahya Obaid, M.Ag)
Uncontrolled Keywords: SUPERVISOR, GURU, PEMBELAJARAN
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 04 Oct 2017 03:07
Last Modified: 04 Oct 2017 03:07
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/347

Actions (login required)

View Item View Item