MUH. ANZAL BINTANG, NIM 1401010305, M (2022) PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN PADA PROGRAM TAHFIDZ PENDIDIKAN AL-QUR’AN di SD (SD-TQ) MU’ADZ BIN JABAL KENDARI (StudI Pengelolaan Program Tahfidz Al-Qur’an). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (464kB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (577kB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (429kB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (420kB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (424kB) |
Abstract
ABSTRAK MUH. ANZAL BINTANG, NIM 14010103057. “Penerapan Fungsi Manajemen Pada Program Tahfidz Pendidikan Al-Qur’an Di SD (SD-TQ) Mu’adz Bin Jabal Kendari (Studi Pengelolaan Program Tahfidz Al-Qur’an)” ( Dibimbing oleh: Dr. H. Moh Yahya Obaid, M.Ag.) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan penerapan pada Manajemen Program Tahfizh Al-Qur’an di SD Tahfidz Qur’an (SD-TQ) Mu’adz bin Jabal Kendari pada proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan/evaluasi. Dan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan:1) Untuk mengetahui proses perencanaan, pengorganisasian, pen garahan, serta pengawasan/evaluasi dan apa saja yang dihadapi pada saat pelaksanaan progam Tahfidz pada Manajemen Program Tahfizh Al-Qur’an di SD Tahfidz Qur’an (SD-TQ) Mu’adz bin Jabal Kendari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif. Metode pengumpulan data penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian meggunakan analisis data Milles dan Huberman dengan beberapa tahapan, yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi. Objek penelitian adalah Kepala Sekolah SD Tahfidz Qur’an (SD-TQ) Mu’adz bin Jabal Kendari Sedangkan subjek penelitian ini adalah guru tahfidz, tenaga pendidik dan kependidikan SD Tahfidz Qur’an (SD-TQ) Mu’adz bin Jabal Kendari. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan dan penerapan pada suatu progran Tahfidz ini membahas secara signifikan tentang manajemen perencanaannya, pengorganisasiannya, pengelolaan serta pengevaluasiannya dalam tahap menerapan program tahfidz. Dalam ke empat tahap manajemen program tersebut sekolah SD Tahfidz Qur’an (SD-TQ) Mu’adz bin Jabal Kendari juga mengsepakati dalam penerapan metode pembelajaran tahfidz yaitu metode talaqqi dan metode sabak sabki. 2) yang menjadi kendala dalam hal pengelolaan program tahfidz pada SD Tahfidz Qur’an (SD-TQ) Mu’adz bin Jabal Kendari yaitu masih terbatasnya SDM atau tenaga guru tahfidz, serta adanya anak-anak kelas bawah yang masih kurang tepat dalam meghafalkan Al- Qur’an. Kata Kunci: Manajemen, Tahfizh Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Manajemen, Tahfizh Al-Qur’an |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Tahfizh Al-Qur’an |
Subjects: | Manajemen |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 02:07 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 02:07 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3493 |
Actions (login required)
View Item |