PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH DESA CIALAM JAYA KONAWE SELATAN

Paramita. 17010101071, P (2022) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH DESA CIALAM JAYA KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Paramita. 17010101071. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Religius Anak Di Madrasah Diniyah Awaliyah Desa Cialam Jaya Konawe Selatan. Dibimbing Oleh: Dr. Nurdin, S.Ag. M,Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter religius anak usia 7-12 tahun di MDA, dan peran guru dalam membentuk karakter religius anak usia 7-12 tahun di MDA, serta mengetahui nilai-nilai karakter religius yang ditanamkan guru pada anak usia 7-12 tahun di MDA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data di kumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan study dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Karakter religius anak usia 7-12 tahun di MDA belum sepenuhnya baik, karena masih ditemukan 3 orang anak didik yang prilakunya kurang terpuji seperti mencuri uang dan barang�barang temannya, berkata kasar, bermain dalam sholatnya. Dan dari segi karakter yang baik ada 5 orang anak yang memiliki karakter yang baik, yang dibuktikan dengan mengikuti beberapa kegiatan keagamaan dilingkungan Madrasah, seperti mengikuti sholat ashar berjamaah dengan tepat waktu, membaca doa belajar dan membaca doa keselematan sebelum pulang dari MDA, kegiatan infaq, mengahapal surah-surah pendek dan doa sehari-hari, bersolawat, berdzikir, membaca asmaul husna, bertanggung jawab dalam diberikan tugas, kegiatan 5S (salam,senyum, sapa,sopan dan santun), dan tolong menolong, (2) Peran guru dalam membentuk karakter religius anak: a) peran guru sebagai pendidik dan pengajar. b) peran guru sebagai pembimbing, c) peran guru sebagai contoh tauladan, d) peran guru sebagai motivator. (3) Nilai-nilai karakter religius yang ditanamkan guru pada anak, adalah nilai ibadah: mengajarkan tata cara sholat yang baik, whudu dan berifanq, berdzkir, bersolawat, sholat azhar berjamaah, hafalan surah-surah pendek, doa-doa sehari-hari, dan membaca asmaul husna. Sedangkan nilai akhlak yang ditanamkan: bertanggung jawab, saling menghormati,mengucapkan salam ,disiplin waktu, menutup aurat, bertutur kata baik, jujur, dan saling tolong menolong. Kata Kunci: Peran Guru, Karakter Relegius Anak, Madrasah Diniyah Awaliyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Peran Guru, Karakter Relegius Anak, Madrasah Diniyah Awaliyah
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Karakter Relegius Anak, Madrasah Diniyah Awaliyah
Subjects: Agama
Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Aqidah
Ahlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:21
Last Modified: 12 Apr 2022 02:21
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3509

Actions (login required)

View Item View Item