IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION AND EVALUATION) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Di SMP Negeri 20 Konawe Selatan)

ASMIATIN Nim. 16040202035, A (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION AND EVALUATION) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Di SMP Negeri 20 Konawe Selatan). Masters thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION AND EVALUATION) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Di SMP Negeri 20 Konawe Selatan) ABSTRAK Implementasi model ADDIE disini adalah Guru menggunakan model ADDIE dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 20 Konawe Selatan, dan melakukan analisis masalah serta kebutuhan dalam penelitian, kemudian mendesain metode pembelajaran yang di pandang tepat lalu mengembangkan metode dan melaksanakan metode yang telah dirancang serta melakukan evaluasi terkait pelaksanaan metode apakah efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini didesain untuk melakukan penelitian terhadap implementasi model ADDIE dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 20 Konawe Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek kajian model pembelajaran ADDIE. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis) untuk mengkaji implementasi model pembelajaran ADDIE pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 20 Konawe Selatan. Disamping itu, penelitian ini juga akan membahas faktor penghambat dan faktor pendukung model pembelajaran ADDIE. Sedangkan sumber utama dalam penelitian ini adalah guru yang mengimplementasikan model pembelajaran ADDIE pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 20 Konawe Selatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep model pembelajaran ADDIE pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 20 Konawe Selatan merupakan suatu system yang menuntut guru untuk selalu semangat dalam menjalankan tugas dengan motivasi dan kebajikan yang diberikan kepada para guru sehingga para guru harus selalu semangat serta menyajikan materi dengan konsep multimedia interaktif (terdiri dari teks, suara, gambar, animasi, dan video). Prosedur implementasi model pembelajaran ADDIE pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 20 Konawe Selatan guru PAI menggunakan model ADDIE dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 20 Konawe Selatan dan melakukan analisis masalah serta kebutuhan serta mendesain metode pembelajaran yang di pandang tepat, mengembangkan metode yang telah dirancang, dan melakukan evaluasi terkait pelaksanaan metode apakah efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Faktor penghambat dan faktor pendukung model pembelajaran ADDIE pada mata pelajaran Agama Islam di SMP Negeri 20 Konawe Selatan, faktor pendukungnya adalah pembelajaran ADDIE sesuai dengan ciri belajar siswa, yaitu: pertama konkret, proses belajar beranjak dari hal-hal yang konkret, yakni yang dapat dilihat, didengar, dibaui, diraba, dan diutak atik. Dalam hal ini dapat dibuktikan dalam pembelajaran ADDIE dengan topik shalat dan taharah. Kedua, integratife dimana siswa memandang sesuatu yang dipelajari sebagai suatu keutuhan, mereka belum mampu memilah-milah konsep dari berbagai disiplin. Sedangkan faktor penghambatnya ada lima seperti Aspek Guru, Aspek Peserta Didik, Aspek Sarana, Aspek Penilaian, serta Suasana Pembelajaran. xi IMPLEMENTATION OF ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION AND EVALUATION) LEARNING MODELS IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION LEARNING (Case Study in SMP 20 Konawe Selatan) ABSTRACT The implementation of the ADDIE model here is that the teacher uses the ADDIE model in the learning process of Islamic Religious Education in SMP Negeri 20 Konawe Selatan, and analyzes problems and needs in research, then designs learning methods that are considered appropriate and develops methods and implements methods that have been designed and conducts evaluation of the implementation of the method is effective in achieving learning objectives. This study was designed to conduct research on the implementation of the ADDIE model in the learning process of Islamic Religious Education in SMP Negeri 20 Konawe Selatan. This research is a qualitative study with the object of ADDIE learning model study. The method used in this research is the content analysis method to study the implementation of ADDIE learning models in Islamic Religious Education subjects in SMP Negeri 20 Konawe Selatan. In addition, this study will also discuss inhibiting factors and supporting factors for ADDIE learning models. While the main source in this study is the teacher who implements ADDIE learning models in Islamic Religious Education subjects at SMP Negeri 20 Konawe Selatan. The results showed that the concept of ADDIE learning models in Islamic Religious Education subjects at SMP Negeri 20 Konawe Selatan is a system that requires teachers to always be enthusiastic in carrying out tasks with motivation and virtue given to teachers so that teachers must always be enthusiastic and present material with interactive multimedia concepts (consisting of text, sound, images, animation, and video). The procedure of implementing ADDIE learning models in Islamic Religious Education subjects at SMP Negeri 20 Konawe Selatan PAI teachers use the ADDIE model in the learning process at SMP Negeri 20 Konawe Selatan and analyzing problems and needs and designing learning methods that are considered appropriate, developing methods that have been designed, and evaluating the implementation of methods is effective in achieving learning objectives. Inhibiting factors and supporting factors of ADDIE learning models in Islamic subjects in SMP Negeri 20 Konawe Selatan, supporting factors are ADDIE learning in accordance with the characteristics of student learning, namely: first, the learning process departs from concrete things, that can be seen , heard, smelled, touched, and manipulated. In this case it can be proven in ADDIE learning with the xii topic of prayer and taharah. Second, integrative where students view something learned as a whole, they have not been able to sort out the concepts of various disciplines. While the inhibiting factors are five such as Teacher Aspect, Student Aspect, Means Aspect, Assessment Aspect, and Learning Atmosphere. xiii اإلسَليٙ انذُٚٙ انزؼهٛى فٙ (ٔانزقٛٛى ٔانزُفٛز ٔانزطٕٚش ٔانزصًٛى انزحهٛم) انًزكبيم انزؼهى ًَٕرط رُفٛز (انًزٕسطخ كَٕٕ٘ سبٔس رُٕٚزٙ يذسسخ فٙ حبنخ دساسخ) انًهخص انزشثٛخ فٙ انزؼهى ػًهٛخ فٙ انًزكبيم انزؼهى ًَٕرط ٚسزخذو انًؼهى أٌ ْٕ ُْب انًزكبيم انزؼهى ًَٕرط رطجٛق إٌ يغبل فٙ ٔاالحزٛبعبد انًشكَلد ٔٚحهم ، كُبٔ٘ ثغُٕة انؼششٍٚ اإلػذادٚخ انًذسسخ فٙ اإلسَليٛخ انذُٚٛخ رصًٛى رى ْٙ انزٙ األسبنٛت ُٔٚفز األسبنٛت ٚطٕس صى يُبسجخ رؼزجش انزٙ انزؼهى أسبنٛت ٚصًى صى ، انجحش ثحش إلعشاء انذساسخ ْزِ صًًُذ .انزؼهى أْذاف رحقٛق فٙ فؼبنخ ثطشٚقخ انطشٚقخ ثزُفٛز ٚزؼهق رقٛٛى ٔإعشاء كَٕٕ٘ عُٕة يذسسخ فٙ اإلسَليٙ انذُٚٙ انزؼهٛى فٙ انزؼهٛى ػًهٛخ فٙ يزكبيم رؼهًٛٙ ًَٕرط رطجٛق حٕل .انًزٕسطخ انحكٕيٛخ انجحش ْزا فٙ انًسزخذيخ انطشٚقخ .يزكبيم رؼهًٛٙ كًُٕرط انذساسخ يٕضٕع يغ َٕػٛخ دساسخ ْٕ انجحش ْزا (ٔانزقٛٛى ٔانزُفٛز ٔانزطٕٚش ٔانزصًٛى انزحهٛم) يزكبيم رؼهًٛٙ ًَٕرط رُفٛز نذساسخ انًحزٕٖ رحهٛم طشٚقخ ْٙ ْزِ سزُبقش ، رنك إنٗ ثبإلضبفخ .انًزٕسطخ سَٛلربٌ كَٕبٔ٘ يذسسخ 20 فٙ اإلسَليٛخ انذُٚٛخ انزشثٛخ يٕاد فٙ ْزِ فٙ انشئٛسٙ انًصذس أٌ حٍٛ فٙ .انًزكبيهخ انزؼهى نًُبرط انذاػًخ ٔانؼٕايم انًضجطخ انؼٕايم أٚ ًضب انذساسخ يٕاد فٙ (ٔانزقٛٛى ٔانزُفٛز ٔانزطٕٚش ٔانزصًٛى انزحهٛم) يزكبيًَل رؼهًًٛٛب ًَٕر ًعب ُٚفز انز٘ انًؼهى ْٕ انذساسخ يغ َٕػٛخ دساسخ ْٕ انجحش ْزا.انًزٕسطخ انحكٕيٛخ سَٛلربٌ كَٕٕ٘ يذسسخ 20 فٙ اإلسَليٙ انذُٚٙ انزؼهٛى نذساسخ انًحزٕٖ رحهٛم طشٚقخ ْٙ انجحش ْزا فٙ انًسزخذيخ انطشٚقخ .يزكبيهخ انذساسخ انزؼهى ًَٕرط يٕضٕع فٙ اإلسَليٛخ انذُٚٛخ انزشثٛخ يٕاد فٙ (ٔانزقٛٛى ٔانزُفٛز ٔانزطٕٚش ٔانزصًٛى انزحهٛم) يزكبيم رؼهًٛٙ ًَٕرط رُفٛز انًضجطخ انؼٕايم أٚ ًضب انذساسخ ْزِ سزُبقش ، رنك إنٗ ثبإلضبفخ .انًزٕسطخ سَٛلربٌ سَٛلربٌ كَٕبٔ٘ يذسسخ ٚقٕو انز٘ انًؼهى ْٕ انذساسخ ْزِ فٙ انشئٛسٙ انًصذس أٌ حٍٛ فٙ .انًزكبيهخ انزؼهى نًُبرط انذاػًخ ٔانؼٕايم فٙ اإلسَليٙ انذُٚٙ انزؼهٛى يٕاد فٙ (ٔانزقٛٛى ٔانزُفٛز ٔانزطٕٚش ٔانزصًٛى انزحهٛم) يزكبيم رؼهًٛٙ ًَٕرط ثزُفٛز .انًزٕسطخ انحكٕيٛخ كَٕٕ٘ عُٕة يذسسخ كَٕٕ٘ عُٕة يذسسخ فٙ اإلسَليٛخ انذُٚٛخ انزشثٛخ يٕاد فٙ انًزكبيم انزؼهى ًَبرط يفٕٓو أٌ انُزبئظ ظٓشد رؼطٗ ٔفضٛهخ ثحبفض انًٓبو رُفٛز فٙ يزحًسٍٛ دائ ًًب ٚكَٕٕا أٌ انًؼهًٍٛ يٍ ٚزطهت َظبو ْٕ انًزٕسطخ انًٕاد رقذٚى أٚ ًضب انزفبػهٛخ انزؼهى نٕسبئظ ًٚكٍ صى .دائ ًًب يزحًسٍٛ انًؼهًٌٕ ٚكٌٕ أٌ ٚغت ثحٛش نهًؼهًٍٛ إعشاءاد .(ٔفٛذٕٚ يزحشكخ ٔسسٕو ٔصٕس ٔصٕد َص يٍ رزكٌٕ انزٙ) انزفبػهٛخ انًزؼذدح انٕسبئظ ثًفبْٛى انًؼهًٌٕ ٚسزخذو ، كَٕٕ٘ ٔالٚخ عُٕة فٙ اإلسَليٙ انذُٚٙ انزؼهٛى يٕاد فٙ انًزكبيهخ انزؼهى ًَبرط رُفٛز ، انًزٕسطخ انحكٕيٛخ كَٕٕ٘ عُٕة يذسسخ فٙ اإلسَليٛخ انزشثٛخ فٙ انزؼهى ػًهٛخ فٙ يزكبيًَل رؼهًًٛٛب ًَٕر ًعب رُفٛز ، األسبنٛت رطٕٚش ، يُبست ضٕء فٙ انزؼهى أسبنٛت ٔرصًٛى ، ٔاالحزٛبعبد نهًشبكم رحهٛم ٔإعشاء يٍ .انزؼهى أْذاف رحقٛق فٙ فؼبنخ ركٌٕ انطشٚقخ ثزُفٛز صهخ راد رقًٛٛبد ٔإعشاء ، رصًًٛٓب رى انزٙ األسبنٛت xiv عُٕة يذسسخ فٙ اإلسَليٙ انذٍٚ يٕاد فٙ انًزكبيم انزؼهى نًُٕرط انذاػًخ ٔانؼٕايم انًضجطخ انؼٕايم ثٍٛ ب انًزكبيم انزؼهى ْٙ انذاػًخ ٔانؼٕايم ، انًزٕسطخ انحكٕيٛخ كَٕٕ٘ أٔل :ْٔٙ ، انطَلة رؼهى نخصبئص ٔفقً ، نًسذ ، سائحخ ، ٚسًغ ، ُٚظش ركٌٕ أٌ ًٚكٍ ، يهًٕسخ أشٛبء يٍ رُطهق انزؼهى ػًهٛخ ، يهًٕسخ ػًهٛخ ركبيهٙ ، صبًَٛب .ٔانطٓبسح انصَلح يٕضٕع يغ انًزكبيم انزؼهى فٙ رنك إصجبد ًٚكٍ انحبنخ ْزِ فٙ .ثٓب ٔانزَلػت ًِٕ يب شٛئًب انطَلة ٚشٖ حٛش ّ انؼٕايم أٌ حٍٛ فٙ .انًخزهفخ انزخصصبد يفبْٛى فشص يٍ ٚزًكُٕا نى ، ككم رؼه .انزؼهى ٔعٕ انزقٛٛى ٔعبَت انزقٛٛى ٔطشٚقخ انطبنت ٔعبَت انًؼهى عبَت يضم خًسخ ْٙ انًضجطخ

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PEMBELAJARAN ADDIE
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN ADDIE
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:38
Last Modified: 12 Apr 2022 02:38
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3511

Actions (login required)

View Item View Item