EFEKTIVITAS POLA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI MAHASISWA FUAD IAIN KENDARI)

Rusniawati Marsudi. 17030101007., R (2022) EFEKTIVITAS POLA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI MAHASISWA FUAD IAIN KENDARI). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rusniawati Marsudi. 17030101007. Efektivitas Pola Komunikasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Studi mahasiswa FUAD IAIN kendari (Dibimbing oleh : Sitti Fauziah M, S.Pd.I, M.Pd.) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektifitas pola komunikasi antara dosen dan mahasiswa di Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, dan (2) mengetahui dampak pola komunikasi belajar online terhadap mahasiswa di Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Kendari. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan partisipan data 27 informan yaitu mahasiswa aktif kuliah dari angkatan 2017-2020 terdiri dari program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam 5 orang, program studi Manajemen Dakwah 5 orang, program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 5 orang, program studi Bimbingan Penyuluhan Islam 5 orang dan 7 Dosen mewakili setiap program studi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1). Mahasiswa sulit menjangkau jaringan sehingga proses komunikasi tidak berjalan dengan baik karena ada gangguan noise sehingga pola komunikasi yang terjadi kurang efektif karena mahasiswa kurang memahami pelajaran. Kurangnya feedback pada saat proses pembelajaran antara dosen dan mahasiswa (3). Dampak pola komunikasi pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 terhadap mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah terjadi dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah mahasiswa yang introvert atau kurang rasa percaya diri untuk beretorika menjadi mampu memberanikan diri untuk memberikan pertanyaan atau tanggapan. Dampak negatifnya adalah kurangnya jangkauan jaringan dan kuota sehingga mempengaruhi komuni kasi. Kurang kesadaran mahasiswa dan rasa keingintahuan untuk memberikan feedback sehingga efek yang terjadi kurangnya pemahaman materi. Kata Kunci: Pola Komunikasi Pembelajaran Online, Dampak Pola Komunikasi Pembelajaran Online. ix ABSTRACT Rusniawati Marsudi. 17030101007. Effectiveness of Online Learning Communication Patterns During the Covid-19 Pandemic Study of FUAD IAIN Kendari students (Supervised by : Sitti Fauziah M, S.Pd.I, M.Pd.) This study aims to determine: (1) the effectiveness of communication patterns between lecturers and students at the Faculty of Ushuluddin, Adab, and Da'wah, and (2) knowing the impact of online learning communication patterns on students at the Faculty of Ushuluddin, Adab, and Da'wah. This study uses a qualitative descriptive method conducted at the Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, the Kendari State Islamic Institute. Sampling using purposive sampling technique with participant data27 informants, namely active college students from the 2017-2020 class consisting of 5 people from the Islamic Communication and Broadcasting study program, 5 people from the Da'wah Management study program, 5 people from the Al-Qur'an and Tafsir study program, 5 people from the Islamic Counseling Guidance study program and 7 Lecturers represent each study program. The results showed that (1). Students find it difficult to reach the network so that the communication process does not go well because there is noise interference so that the communication pattern that occurs is less effective because students do not understand the lesson. Lack of feedback during the learning process between lecturers and students (3). The impact of online learning communication patterns during the Covid-19 pandemic on Ushuluddin Adab and Da'wah Faculty students had positive and negative impacts. The positive impact is that students who are introverted or lack the confidence to use rhetoric become able to venture up to provide questions or responses. The negative impact is the lack of network coverage and quotas that affect communication. Keywords: Online Learning Communication Pattern, Impact of Online Learning Communication Pattern

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DAFTAR PUSTAKA Budiman Haris, (2017). Peran Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pendidikan,Jurnal pendidikan Islam : 1(13), 33-34. Budyatna Muhammad, (2015). Teori-teori Mengenai Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana. Darmawan, Deni, (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Effendy, (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi, Bandung : Rosdakarya. Ishak, (2003). Eksistensi Jurnalis dan Pers Islam dalam Penyiaran Dakwah di Kota Kendari. Skripsi tidak di publikasikan. Sekolah tinggi Agama Islam Negeri Sultan Qaimuddin Kendari. Jaelani Ahmad. ( 2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI Dimasa Pandemi Covid-19 : Jawa Barat. Kurn iawan Dani, (2018). Komunikasi Model Laswell dan Stimulus-Organism�Response dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan : 2(1), 60-68. Maudianti Santi. ( 2018). Penerapan E-Learning di Perguruan Tinggi, Jakarta Selatan. Mulyana Deddy, (2017). Ilmu Komunikasi Suatu pengantar. Bandung. Mulyani Heni. (2018). Penggunaan Media Sosial Sebagai Penunjang Dalam Perkuliahan Anggaran Perusahaan. ejoernal.upi.edu : 3(2), 33. Mustakim, (2020) Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Mata Pelajaran Matematika. Al asma : 2(1), 1-12. Mujahidah, (2013). Pemanfaatan Jejaring Sosial Facebook Sebagai Media Komunikasi. Kalimantan Timur. Natali na Desiani, (2017). Komunikasi Dalam PAUD. Tasik Malaya: Ksatria Siliwangi. Pratiwi W. E. ( 2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online, Jawa Tengah. 82 Prawiradilaga Saima Dewi, (2016). Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning, Jakarta. Purwasito Andrik, (2002). Komunikasi Multikultural. Surakarta Rusman, (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi StandarProses Pendidikan, Jakarta : Erlangga. Setiadi Ahmad, (2019). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Keefektifitas Komunikasi, DKI Jakarta : Cakrawala Ulfiana, S. (2015). Peran Komunikasi dalam Menarik Minat Mahasiswa Baru Jurusan Dakwah dan Komunikasi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Kendari. Skripsi ini tidak dipublikasikan. Institut Agama Islam Negeri IAIN Kendari. Yasir, (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi, Yogyakarta: Grub Utama CV Budi Utama. Yuliani Meda dkk, (2020). Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan, Yayasan Kita Menulis. Zannah Zakiyatul Putri, (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Zoom meeteng Presentation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Konsep Suhu dan Kalor. Edusains : 6(2), 211-216
Uncontrolled Keywords: DAFTAR PUSTAKA Budiman Haris, (2017). Peran Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pendidikan,Jurnal pendidikan Islam : 1(13), 33-34. Budyatna Muhammad, (2015). Teori-teori Mengenai Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana. Darmawan, Deni, (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Effendy, (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi, Bandung : Rosdakarya. Ishak, (2003). Eksistensi Jurnalis dan Pers Islam dalam Penyiaran Dakwah di Kota Kendari. Skripsi tidak di publikasikan. Sekolah tinggi Agama Islam Negeri Sultan Qaimuddin Kendari. Jaelani Ahmad. ( 2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI Dimasa Pandemi Covid-19 : Jawa Barat. Kurn iawan Dani, (2018). Komunikasi Model Laswell dan Stimulus-Organism�Response dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan : 2(1), 60-68. Maudianti Santi. ( 2018). Penerapan E-Learning di Perguruan Tinggi, Jakarta Selatan. Mulyana Deddy, (2017). Ilmu Komunikasi Suatu pengantar. Bandung. Mulyani Heni. (2018). Penggunaan Media Sosial Sebagai Penunjang Dalam Perkuliahan Anggaran Perusahaan. ejoernal.upi.edu : 3(2), 33. Mustakim, (2020) Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Mata Pelajaran Matematika. Al asma : 2(1), 1-12. Mujahidah, (2013). Pemanfaatan Jejaring Sosial Facebook Sebagai Media Komunikasi. Kalimantan Timur. Natali na Desiani, (2017). Komunikasi Dalam PAUD. Tasik Malaya: Ksatria Siliwangi. Pratiwi W. E. ( 2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online, Jawa Tengah. 82 Prawiradilaga Saima Dewi, (2016). Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning, Jakarta. Purwasito Andrik, (2002). Komunikasi Multikultural. Surakarta Rusman, (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi StandarProses Pendidikan, Jakarta : Erlangga. Setiadi Ahmad, (2019). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Keefektifitas Komunikasi, DKI Jakarta : Cakrawala Ulfiana, S. (2015). Peran Komunikasi dalam Menarik Minat Mahasiswa Baru Jurusan Dakwah dan Komunikasi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Kendari. Skripsi ini tidak dipublikasikan. Institut Agama Islam Negeri IAIN Kendari. Yasir, (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi, Yogyakarta: Grub Utama CV Budi Utama. Yuliani Meda dkk, (2020). Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan, Yayasan Kita Menulis. Zannah Zakiyatul Putri, (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Zoom meeteng Presentation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Konsep Suhu dan Kalor. Edusains : 6(2), 211-216
Subjects: Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:04
Last Modified: 14 Apr 2022 03:04
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3527

Actions (login required)

View Item View Item