Sri Ratu Rahwani Basanunggu, NIM: 17010110036, S (2022) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL BARISAN DAN DERET PADA SISWA KELAS XI JURUSAN IPA DI MAN 1 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (703kB) |
|
Text
2 BAB 1.pdf Download (492kB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (587kB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (532kB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (475kB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (500kB) |
|
Text
8 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Sri Ratu Rahwani Basanunggu, NIM: 17010110036. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Pada Siswa Kelas XI Jurusan IPA 1 Di MAN 1 Konawe Selatan, Dibimbing Oleh: Muh. Syarwa Sangila, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa Kelas XI MAN 1 Konawe Selatan pada jurusan IPA dalam menyelesaikan soal Barisan Dan Deret. (2) Mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada jurusan IPA dalam menyelesaikan soal Barisan dan Deret. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MAN 1 Konawe Selatan, Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 21 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan tes tertulis, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas XI IPA 1 MAN 1 Konawe Selatan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi Barisan dan Deret ditemukan 4 jenis kesalahan yaitu ; 1) Kesalahan Memahami Masalah (Comprehension Errors), 2) Kesalahan Transformasi Masalah (Transformasion Errors), 3) Kesalahan Keterampilan Proses (Proces Skill Errors), dan 4) Kesalahan Penulisan Jawaban Akhir (Endconding Errors). Kesalahan memahami masalah (Comprehension Errors) disebabkan siswa lupa dan menganggap tidak perlu untuk menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal. Solusinya yaitu dengan memberikan penjelasan mengenai maksud dan tujuan soal. Kesalahan transformasi masalah (Transformasion Errors) disebabkan lupa, keliru dan lemahnya kemampuan siswa dalam mengubah kemodel matematika yang benar. Solusinya yaitu guru membiasakan memberikan contoh soal kepada siswa dengan melihat pembahasan contoh soal. Kesalahan keterampilan proses (Proces Skill Errors) disebabkan siswa kurang teliti, tergesa-gesa dalam melakukan operasi perhitungan pada soal. Solusinya yaitu meminta siswa untuk meneliti kembali hasil pekerjaannya dan membangun pemahaman ulang apabila siswa tidak memahami konsep. Kesalahan yang terakhir (Endconding Errors) yaitu kesalahan dalam penulisan jawaban akhir disebabkan karena lupa, merasa tidak perlu dan tergesa-gesa dalam menyelesaikannya sehingga siswa keliru dalam menuliskan jawaban akhir akibat kesalahan sebelumnya. Solusinya yaitu dengan meminta kepada siswa untuk mengecek kembali pekerjaannya. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Soal Barisan dan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Analisis Kesalahan, Soal Barisan |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan, Soal Barisan |
Subjects: | Matematika Manajemen |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 01:07 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 01:07 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3537 |
Actions (login required)
View Item |