ANALISIS PERILAKU BELAJAR ANAK PENGGUNA GADGET DI DESA BUNGIN PERMAI KECAMATAN TINANGGEA KABUPATEN KONAWE SELATAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Ayu Rahmadani, NIM 17010104022, A (2022) ANALISIS PERILAKU BELAJAR ANAK PENGGUNA GADGET DI DESA BUNGIN PERMAI KECAMATAN TINANGGEA KABUPATEN KONAWE SELATAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ayu Rahmadani, NIM 17010104022, Analisis Perilaku Belajar Anak Pengguna Gadget di Desa Bungin Permai Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan Selama Masa Pandemi COVID-19, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melalui bimbingan Dr. Ros Mayasari S.Ag, M.Si, Penggunaan gadget anak-anak selama masa pandemi COVID-19 meningkat fonemona ini tidak hanya terjadi di kota besar tetapi juga di desa kecil seperti di desa Bungin Permai Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan. Pengaruh penggunaan gadget ini tidak hanya untuk pembelajaran daring namun juga untuk penggunaan medsos dan game online. Oleh karena itu tujuan penelitian ini dilakaukan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan gadget pada anak di Desa Bungin Permai Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan selama masa pandemi COVID-19 dan untuk mengetahui bagaimana perilaku belajar anak yang menggunakan gadget di Desa Bungin Permai Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif fenomenologi yaitu suatu pendekatan yang lebih menfokuskan diri pada konsep suatu fenomena tertentu dalam masyarakat. Penelitian ini dilakukan pada partisipan usia anak yaitu 8 sampai 17 tahun yang berada di Desa Bungin Permai Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara, studi dokumentasi. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi dan uji keabsahan data. Berdasarkan analisis hasil penelitian, disimpulkan terkait penggunaan gadget anak selama masa pembelajaran daring meningkat, penggunaan gadget bervariasi tidak hanya digunakan untuk belajar tetapi juga untuk hal diluar pembelajaran seperti untuk membuka sosial media dan bermain game online. Adapun perilaku belajar yang terjadi saat pembelajaran daring beberapa siswa hanya mengisi absen untuk memenuhi kewajiban kehadiran, kurangnya konsentrasi belajar, membayar teman untuk mengejakan tugas yang diberikan, membuka sosial media saat proses pembelajaran sedang berlangsung, bahkan ada yang bermain game online. Kata Kunci: Anak, Gadget, Pandemi COVID-19 , Perilaku belajar vi ABSTRAK Ayu Rahmadani, NIM 17010104022, Analysis of Learning Behavior of Child Using Gadgets in Bungin Permai Village, Tinanggea District, Konawe Selatan Regency, Education Study Program for Madrasah Ibtidaiyah Teachers, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, State Islamic Institute (IAIN) Kendari through the guidance of Dra. Ros Mayasari S.Ag, M.Si, The purpose of this study was to determine and analyze the use of gadgets by students in Bungin Permai Village, Tinanggea District, South Konawe Regency during the COVID-19 pandemic and to find out how the learning behavior of students who use gadgets in Bungin Permai Village, Tinanggea District, South Konawe Regency. This research is a type of qualitative research with descriptive analysis with a phenomenological approach, which is an approach that focuses more on the concept of a particular phenomenon in society. This research was conducted in Bungin Permai Village, Tinanggea District, South Konawe Regency. Data collection techniques are carried out in three ways, namely observation, interviews (interviews), and documentation studies. The analysis technique uses data reduction (data reduction), data presentation (data display), drawing conclusions or verification (conclusion drawing/verification) and testing the validity of the data. Based on the analysis of the results of the study, it was concluded that related to students' use of gadgets during the online learning period, the use of gadgets varied not only for learning but also for things outside of learning such as opening social media and playing online games. As for the learning behavior that occurs during online learning, some students only fill in absenteeism to fulfill attendance obligations, lack of concentration, pay friends to do the assigned tasks, open social media while the learning process is in progress, and some even play online games. Keywords: Teenagers, Gadgets, COVID-19 Pandemic Learning Behavior

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Anak, Gadget, Pandemi COVID-19 , Perilaku belajar
Uncontrolled Keywords: Anak, Gadget, Pandemi COVID-19 , Perilaku belajar
Subjects: Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 22 Apr 2022 06:20
Last Modified: 22 Apr 2022 06:20
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3562

Actions (login required)

View Item View Item