Efektivitas Penggunaan Model Simulasi Dengan Media Sirkulasi Darah Sederhana Terhadap Hasil Belajar KongnitifDengan Materi Peredaraan di MTs Asy-Syafi’iyah Kendari.

Iin Mardillah NIM.15010108028, I (2022) Efektivitas Penggunaan Model Simulasi Dengan Media Sirkulasi Darah Sederhana Terhadap Hasil Belajar KongnitifDengan Materi Peredaraan di MTs Asy-Syafi’iyah Kendari. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Iin Mardillah NIM.15010108028. Efektivitas Penggunaan Model Simulasi Dengan Media Sirkulasi Darah Sederhana Terhadap Hasil Belajar KongnitifDengan Materi Peredaraan di MTs Asy-Syafi’iyah Kendari. Program Studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari melalui bimbing Bapak Dr. Jumarddin La Fua. S, Si. M, Si Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesuda diberi perlakuan dengan menggunakan media sirkulasi darah pada kelas eksperimen di MTs Asy- Syafi’ iyah, (2) Untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesuda di beri perlakuan dengan menggunakan media gambar pada kelas kontrol di MTs Asy-Syafi’ iyah, (3) Untuk mengetahui efektifitas hasil belajar kognitif siswa sebelumdiberikan perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol di MTs Asy-Syafi’ iyah, (4) Untuk mengetahui efektivitas hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen di MTs Asy- Syafi’ iyah, (5.) Untuk mengetahui efektivitas hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kelas kontrol di MTs Asy-Syafi’ iyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model eksperimen, dilaksanakan di MTs Asy-Syafi’ iyahkelas VIII semester ganjil, tahun pelajaran 2018/2019.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Asy-Syafi’ iyahyang berjumlah 38 siswa terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas VIII Putri, dan VIII Putra, Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen tes. Analisis data yuang digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial.Hasil penelitian ini diperoleh bahwa : Hasil hasil belajar kognitif siswa sesudah menggunakan model simulasi media sirkulasi darah sederhana lebih tinggi yaitu dengan nilai rata-rata 74,16 dibandingkan dengan sebelum menggunakan model simulasi media sirkulasi darah sederhana yaitu dengan nilai rata-rata 28,26. Hasil belajar kognitif siswa sesudah menggunakan media gambar peredaran darah manusia lebih tinggi yaitu dengan nilai rata-rata 50,76 dibandingkan dengan sebelum perlakuan dengan nilai rata-rata 28,63.Tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa sebelum perlakuan pada kelas eksperimen dan kontroldengan nilai thitung 0,17< ttabel 1,68 artinya.Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas eksperimendengan nilai thitung 20,13> ttabel 1,68.Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa sesudah perlakuan pada kelas eksperimen dan kontroldengan nilai thitung 5,45< ttabel 1,68. Kata kunci : Efektivitas, Model Simulasi,sirkulasi darah sederhana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Efektivitas, Model Simulasi,sirkulasi darah sederhana
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Simulasi,sirkulasi darah sederhana
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 26 Apr 2022 01:43
Last Modified: 26 Apr 2022 01:43
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3572

Actions (login required)

View Item View Item