PENERAPAN METODE GROUP TO GROUP EXCHANGE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MA AL-AZHAR AMONDO

Istamala, Nim: 15010108010., I (2022) PENERAPAN METODE GROUP TO GROUP EXCHANGE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MA AL-AZHAR AMONDO. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (401kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (664kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Istamala, Nim: 15010108010. Penerapan Strategi Group To Group Exchange Dengan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Di MA Al-azhar Amondo (Dibimbing oleh: Erdiyanti, S.Ag,. M.pd) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan antara nilai rata-rata hasil pretest siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada siswa kelas XII MA AL-Azhar amondo pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (2) perbedaan antara nilai rata-rata hasil posttest siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada siswa kelas XII MA AL-Azhar amondo pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (3) apakah nilai rata-rata Gain kelas eksperimen lebih baik dari kelas Kontrol. Penelitian ini dilakukan di MA Al-azhar amondo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimen. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XII IPA 2 (Kelas Eksperimen) sebanyak 20 siswa dan kelas XII IPA 1 (Kelas kontrol) sebanyak 20 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Quesi Experimental Design. Desain yang digunakan yaitu Pre-test-Post-test Control Group Design.Pada hasil penelitian diperoleh hasil uji t kelas eksperimen thitung = -11,050 dan ttabel = 2,110, dinyatakan bahwa thitung > ttabel atau = -11,050>2,110 bahwa thitung = -11,050 dan ttabel = 2,110, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dinyatakan bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajran group to group exchange dengan model pembelajaran mind mapping lebih baik dengan materi pertumbuhan dan perkembangan. Kata Kunci : Penerapan Strategi Group To Group Exchange Dengan Model Mind Mapping, Hasil Belajar Biologi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penerapan Strategi Group To Group Exchange Dengan Model Mind Mapping, Hasil Belajar Biologi
Uncontrolled Keywords: Penerapan Strategi Group To Group Exchange Dengan Model Mind Mapping, Hasil Belajar Biologi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:05
Last Modified: 26 Apr 2022 03:05
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3574

Actions (login required)

View Item View Item