ANALISIS PENG ILMIAH PESERTA ANALISIS PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN SIKAP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA ARUH MOTIVASI BELAJAR DAN SIKAP JAR FISIKA PESERTA DIDIK DI SMAN 10 KENDARI 10 KENDARI

ZILFAN, NIM: 17010109012, Z (2022) ANALISIS PENG ILMIAH PESERTA ANALISIS PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN SIKAP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA ARUH MOTIVASI BELAJAR DAN SIKAP JAR FISIKA PESERTA DIDIK DI SMAN 10 KENDARI 10 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 JUDUL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (939kB)
[img] Text
3 BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V PENUTUP.pdf

Download (917kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK ZILFAN, NIM: 17010109012. Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Di SMAN 10 Kendari (Dibimbing oleh: Zainuddin, S.Pd., M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui motivasi belajar, sikap ilmiah peserta didik dan hasil belajar fisika. (2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika peserta didik. (3) untuk mengetahui pengaruh sikap ilmiah peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik. (4) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan sikap ilmiah secara simultan terhadap hasil belajar fisika peserta didik di SMAN 10 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif yang dilakasanakan di SMAN 10 Kendari. Data motivasi belajar dan sikap ilmiah diperoleh melalui instrumen angket. Sedangkan data hasil beljar diperoleh dari nilai ulangan harian peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisi deskriptif persentase yang menggunakan rumus persentase dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas) dan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi berganda dimana pada analisis The motivation to learn and scientific attitude of students in SMAN 10 Kendari in the category is enough so that the learning outcomes of students in SMAN 10 Kendari can be said to be low.tersebut terdapat uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Motivasi belajar dan sikap ilmiah peserta didik di SMAN 10 Kendari dalam kategori cukup sehingga hasil belajar dari peserta didik di SMAN 10 Kendari bisa dikatakan rendah. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan pada motivasi belajar peserta didik SMAN 10 Kendari terhadap hasil belajar fisika. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan pada sikap ilmiah peserta didik SMAN 10 Kendari terhadap hasil belajar fisika. (4) Ada pengaruh positif dan signifikan pada motivasi belajar dan sikap ilmiah peserta didik SMAN 10 Kendari dengan kontribusi 9,4% terhadap hasil belajar fisika. Pada persamaan regresi linear berganda diperoleh bahwa koefisien motivasi belajar (X1) dan sikap ilmiah (X2) bernilai positif segingga menandakan bahwa adanya hubungan positif antara motivasi belajar dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik. Semakin tinggi motivasi belajar dan sikap ilmiah maka akan semakin tinggi hasil belajar dari peserta didik begitupun sebaliknya semakin rendah motivasi belajar dan sikap ilmiah maka akan semakin rendah hasil belajar dari peserta didik. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Sikap Ilmiah, dan Hasil Belajar Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Sikap Ilmiah, dan Hasil Belajar Peserta Didik.
Subjects: Fisika
Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Fisika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:00
Last Modified: 15 Jul 2022 03:00
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3657

Actions (login required)

View Item View Item