PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA SMP NEGERI 9 KENDARI

Khaira, NIM. 17010107005, K (2022) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA SMP NEGERI 9 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (792kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (628kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (688kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (895kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (476kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (626kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ix ABSTRAK Khaira, NIM. 17010107005 Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas VIII SMPN 9 Kendari, Dibimbing Oleh: Ibu Halistin, M. SI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar IPA pada siswa SMPN 9 Kendari, pengaruh motivasi belajar tehadap hasil belajar IPA pada siswa SMPN 9 Kendari, dan pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPA pada siswa SMPN 9 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 402 siswa, sampel yang digunakan pada penenlitian ini yaitu sebanyak 80 sampel. Teknik pengumpulan data pada penenlitian ini menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif, uji prasyarat (uji normalitas, uji linearitas, uji bebas autokorelasi, uji multikolinearitas, uji heteroskedastitas) dan uji hipotesis (uji regresi linear berganda, uji t, uji F simultan dan uji koefisien determinasi). Hasil penenlitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa SMPN 9 Kendari memiliki rata-rata sebesar 86,84 dengan kategori sedang, kedisiplinan belajar siswa SMPN 9 Kendari memiliki rata-rata sebesar 79,09 dengan kategori sedang, motivasi belajar siswa SMPN 9 Kendari memiliki rata-rata sebesar 82,23 dengan kategori sedang. Terdapat pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar IPA dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan kontribusi sebesar 89%, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel (X1) atau kedisiplinan belajar berpengaruh terhadap variabel (Y) atau hasil belajar IPA. Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPA dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan kontribusi sebesar 89%, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel (X2) atau motivasi belajar berpengaruh terhadap variabel (Y) atau hasil belajar. Terdapat pengaruh kedisiplinan belajar dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPA dengan nilai Fhitung 39,203 > Ftabel 3.400 dengan kontribusi sebesar 89%, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel (X1) atau kedisiplinan belajar dan (X2) atau motivasi belajar berpengaruh terhadap variabel (Y) atau hasil belajar. Kata Kunci: Kedisiplinan, Motivasi, Hasil Belajar, SMPN 9 Kendari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Motivasi, Hasil Belajar, SMPN 9 Kendari.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:46
Last Modified: 15 Jul 2022 07:46
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3666

Actions (login required)

View Item View Item