PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU DI SMPN 24 BUTON TENGAH

Nur Fathur, NIM. 17010107001, N (2022) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU DI SMPN 24 BUTON TENGAH. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Fathur, NIM. 17010107001, Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Di SMPN 24 Buton Tengah, Dibimbing Oleh: Dr. Mansyur M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah (1)mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar pengetahuan IPA siswa kelas VIII di SMPN 24 Buton Tengah. (2)mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar keterampilan IPA siswa kelas VIII di SMPN 24 Buton Tengah.Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan menggunakan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 24 Buton Tengah, sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sebanyak 65 sampel. Tehnik pengumpulan data yang dugunakan pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) pada peserta didik. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu tehnik analsiis statistik deskriptif, tehnik analisis statistik deskriptif: uji prasyarat (uji normalitas dan linearlitas) dan uji hipotesis penelitian. Hasil peneltian menunjukkan bahwa: (1)terdapat pengaruh positif dan signifikan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar pengetahuan IPA pada siswa kelas VIII SMPN 24 Buton Tengah. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (2,203>1,669) atau nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,03<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,267. (2)terdapat pengaruh positif dan signifikan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar keterampilan IPA pada siswa kelas VIII SMPN 24 Buton Tengah. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (2,150>1,669) atau nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,03<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,262.Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap hasil belajar keterampilan. Kata Kunci: Pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar pengetahuan, dan hasil belajar keterampilan. ABSTRACT Nur Fathur, NIM. 17010107001, The Effect of Classroom Management on Student Learning Outcomes in Integrated Science Subjects at SMPN 24 Buton Tengah, Supervised By: Dr. Mansyur M.Pd. The purpose of this study was (1)to determine the effect of classroom management on the learning outcomes of science knowledge of class VIII students at SMPN 24 Buton Tengah. (2)determine the effect of classroom management on the learning outcomes of science skills of class VIII students at SMPN 24 Buton Tengah. This research is a survey research type using a correlational approach. The population in this study were all eighth grade students of SMPN 24 Buton Tengah, the samples used in this study were 65 samples. The data collection technique used in this study was a questionnaire (questionnaire) for students. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis technique, descriptive statistical analysis technique: prerequisite test (normality and linearity test) and research hypothesis testing. The results of the study show that: (1)there is a positive and significant influence of classroom management on learning outcomes of science knowledge in class VIII students of SMPN 24 Buton Tengah. This is indicated by the value of tcount greater than the value of ttable (2.203>1.669) or a significance value less than 0.05 (0.03<0.05), and the regression coefficient has a positive value of 0.267. (2)there is a positive and significant effect of classroom management on learning outcomes of science skills in class VIII students of SMPN 24 Buton Tengah. This is indicated by the value of tcount greater than the value of ttable (2.150>1.669) or a significance value less than 0.05 (0.03<0.05), and the regression coefficient has a positive value of 0.262. This indicates that there is an influence which is significant between classroom management on learning outcomes of skills. Keywords: The effect of classroom management on knowledge learning outcomes, and skills learning outcomes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar pengetahuan, hasil belajar keterampilan.
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:55
Last Modified: 15 Jul 2022 07:55
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3667

Actions (login required)

View Item View Item