PERAN GURU DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TK MUTMAINNAH DESA BATU SEMPE INDAH KABUPATEN BOMBANA

Walni Firman, with Nim 17010105009, W (2022) PERAN GURU DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TK MUTMAINNAH DESA BATU SEMPE INDAH KABUPATEN BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (645kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (840kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (642kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (518kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (745kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Walni Firman, dengan Nim 17010105009 “Peran Guru Dalam Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Di TK Mutmainnah Kabupaten Bombana”. Di bimbing oleh: La Ode Anhusadar S. Pd.I, M. Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menstimulasi kemampuan kognitif anak di TK Mutmainnah Desa Batu Sempe Indah Kabupaten Bombana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu 2 orang guru, 1 orang kepala sekolah dan 10 orang anak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran guru terhadap kemampuan kognitif anak di TK Mutmainnah Kabupaten Bombana: 1) Peran Guru dalam menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Di TK Mutmainnah Desa Batu Sempe Indah Kabupaten Bombana menunjukkan bahwa guru berperan penting dalam menstimulasi kemampuan kognitif anak dapat dilihat melalui hasil observasi yang telah peneliti lakukan. Guru berperan sebagai pendidik dalam mendidik anak untuk bertanggung jawab, guru juga berperan sebagai pengajar yang menggunakan strategi, media, perencanaan, pelaksanaan dan penilaian dalam pembelajaran serta guru berperan sebagai pembimbing dalam membantu mengatasi masalah anak dalam pembelajaran dan guru berperan sebagai pelatih dalam melatih kemampuan kognitif anak dengan baik. 2) Kemampuan Kognitif Anak di TK Mutmainnah Desa Batu Sempe Indah Kabupaten Bombana masih belum berkembang dengan baik hal ini dapat dilihat dari 10 orang anak yang menjadi sumber data peneliti 6 orang anak yang belum bisa dalam mengenal warna, membedakan bentuk besar dan kecil, menyebut huruf dan angka serta tidak mengingat instruksi dari guru dan 4 orang anak yang kemampuan kognitifnya berkembang dengan baik dalam hal mengenal warna, membedakan dan menyebut serta mengingat instruksi dari guru. Kata kunci: Peran Guru, Kemampuan Kognitif ABSTRACT Walni Firman, with Nim 17010105009 "The Role of Teachers in Stimulating Children's Cognitive Abilities in Mutmainnah Kindergarten, Bombana District". Guided by: La Ode Anhusadar S. Pd.I, M. Pd This study aims to determine the teacher's role in stimulating children's cognitive abilities in Mutmainnah Kindergarten, Batu Sempe Indah Village, Bombana Regency. This research is a qualitative descriptive study. The informants in this study were 2 teachers, 1 principal and 10 children. The method of data collection was carried out by observation, interview and documentation techniques, while the data analysis techniques in this study were data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of the study indicate that the role of teachers on children's cognitive abilities in Mutmainnah Kindergarten, Bombana Regency: 1) Teacher's role in stimulating Children's Cognitive Ability in Mutmainnah Kindergarten, Batu Sempe Indah Village, Bombana Regency, shows that teachers play an important role in stimulating children's cognitive abilities, which can be seen through observations. what researchers have done. The teacher acts as an educator in educating children to be responsible, the teacher also acts as a teacher who uses strategies, media, planning, implementation and assessment in learning and the teacher acts as a mentor in helping overcome children's problems in learning and the teacher acts as a coach in training cognitive abilities child well. 2) Children's Cognitive Ability in Mutmainnah Kindergarten, Batu Sempe Indah Village, Bombana Regency, is still not well developed, this can be seen from the 10 children who were the sources of research data, 6 children who are not able to recognize colors, distinguish large and small shapes, mention letters and numbers and do not remember instructions from the teacher and 4 children whose cognitive abilities are well developed in terms of recognizing colors, distinguishing and calling and remembering instructions from the teacher. Keywords: Teacher Role, Cognitive Ability

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kemampuan Kognitif
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 15 Jul 2022 08:05
Last Modified: 15 Jul 2022 08:05
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3668

Actions (login required)

View Item View Item