PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKANAGAMA ISLAMKELAS VIIDI SMPN 1 ANDOWIA

Elin Marlina. Nim 17010101078., E (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKANAGAMA ISLAMKELAS VIIDI SMPN 1 ANDOWIA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Kover Skripsi Elin Marlina.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (118kB)

Abstract

ABSTRAK Elin Marlina. Nim 17010101078. Penerapan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri I Andowia. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguguran Institut Agama Islam Negeri (IAIN ) Kendari Melalui Bimbinga Dra. Rahmawati M.Pd. Salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar speserta didik adalah dominannya proses belajar konvensional, dimana suasana kelas cenderung berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif. Untuk mengatasi masalah tersebut banyak sekali model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk menarik perhatian peserta didik sehingga dapat memaksimalkan motivasi belajar peserta didik. Salah satu model yang efektif dan cukup menarik perhatian peserta didik adalah Tipe Jigsaw. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik pada materi Hijrah Kemadinah Adalah Sebuah Kisah Yang Membanggakan di kelas VII SMP Negeri 1 Andowia dengan menggunakan model Tipe Jigsaw Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui lembar tes, lembar observasi siswa, lembar angket motivasi dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis menggunakan rumus persentase dan untuk angket motivasi menggunakan Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori interval baik dengan persentase denganpersentase 41,4% padasiklus I danmeningkatpadasiklus II yaitu 93,7sertapersentase rata-rata aktivitassiswapadasiklus I 74,2% danmeningkatpadasiklus II yaitu 92,18%. Secara umum berdasarkan hasil analisis angket dapat dikatakan bahwa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Jigsaw siswa memiliki keinginan untuk belajar atau termotivasi dengan baik. Hasil belajar siswa pun mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaraan Tipe Jigsaw. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada tes awal, siswa yang tuntas atau yang memenuhi KKM sebesar 45%. Setelah melakukan pembelajaran dengan model Snowball Throwing pada siklus I persentase hasil belajar sebesar 70% dan siklus II sebesar 90%. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 20% dan pada tes akhir mengalami peningkatan sebesar 5% dengan persentase tes akhir sebesar 95%. Kata Kunci:Motivasi, Belajar, Pembelajaran,Tipe Jigsaw.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Motivasi, Belajar, Pembelajaran,Tipe Jigsaw.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Belajar, Pembelajaran,Tipe Jigsaw.
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:07
Last Modified: 10 Aug 2022 03:07
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3715

Actions (login required)

View Item View Item