UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI SMA NEGERI 14 KONAWE SELATAN

Nur Haida. 17010101038., N (2022) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI SMA NEGERI 14 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (696kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Haida. 17010101038. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca al-Qur’an Pada Siswa Di SMA Negeri 14 Konawe Selatan. Dibimbing oleh Dr. Ahmad,Lc M.HI. penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apa saja bentuk-bentuk kesulitan yang dialami siswa SMA Negeri 14 Konawe Selatan dalam membaca alQur’an (2) mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an pada siswa di SMA Negeri 14 Konawe Selatan (3)mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan membaca alQur’an pada siswa SMA Negeri 14 Konawe Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunanakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentukbentuk kesulitan yang dialami siswa SMA Negeri 14 Konawe Selatan yaitu adapun bentuk-bentuk kesulitan membaca al-Qur’an ragu-ragu dalam membaca al-Qur’an, pengucapan makharijul huruf belum fasih, serta pengucapan hukum bacaan tajwid. (2) faktor-faktor menyebabkan kesulitan siswa membaca alQur’an di SMA Negeri 14 Konawe Selatan yaitu yang pertama faktor keluarga yang menjadi penyebab kesulitan membaca al-Qur’an yang kedua faktor lingkungan yang tidak mendukung peserta didik untuk membaca al-Qur’an. (3) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca alQur’an pada siswa SMA Negeri 14 Konawe Selatan dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa yaitu dengan menggunakan metode Iqro, ,dan metode Talaqqi dengan metode tersebut memudahkan siswa lebih mudah memahami makharijul huruf dan hukum bacaan tajwid. Kata Kunci :Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Kesulitan Membaca alQur’an ABSTRACT Nur Haida. 17010101038. Efforts of Islamic Religious Education Teachers in Overcoming Difficulties in Reading the Qur'an in Students at SMA Negeri 14 Konawe Selatan. Supervised by Dr. Ahmad, Lc M.HI. This study aims to (1) find out what forms of difficulties experienced by students of SMA Negeri 14 Konawe Selatan in reading the Qur'an (2) find out the efforts of Islamic religious education teachers in overcoming difficulties in reading the Koran in students in SMA Negeri 14 Konawe Selatan (3) to find out what factors cause difficulties in reading the Qur'an for students at SMA Negeri 14 Konawe Selatan. This study used descriptive qualitative method. Data were collected using observation, interview and documentation techniques. Data analysis was carried out using the Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results showed that: (1) the forms of difficulties experienced by the students of SMA Negeri 14 Konawe Selatan, namely the forms of difficulty in reading the Qur'an, hesitancy in reading the Qur'an, the pronunciation of makharijul letters was not yet in phase, and pronunciation of the law of recitation of tajwid. (2) the factors that cause difficulties for students to read the Qur'an at SMA Negeri 14 Konawe Selatan are the first family factors that cause difficulties in reading the Qur'an, the second is environmental factors that do not support students to read the Qur'an 'an. (3) The efforts of Islamic religious education teachers in overcoming the difficulties of reading the Qur'an in students of SMA Negeri 14 Konawe Selatan in improving students' reading skills of the Qur'an by using the Iqro method, and the Talaqqi method with this method making it easier for students to learn more. easy to understand makharijul letters and the law of recitation of recitation. Kata Kunci: Efforts of Islamic Religious Education Teachers, Difficulty Reading the Qur'an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kesulitan Membaca alQur’an
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Membaca alQur’an
Subjects: Kinerja Guru
Al-Qur'an
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:26
Last Modified: 10 Aug 2022 07:26
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3717

Actions (login required)

View Item View Item