STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PAHAM RADIKALISME PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 AMONGGEDO KABUPATEN KONAWE

Hasrun, NIM. 15010101075, H (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PAHAM RADIKALISME PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 AMONGGEDO KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hasrun, NIM. 15010101075 ”Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Paham Radikalisme Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Amonggedo, Kabupaten Konawe”. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari. Dibimbing oleh: Dr. H. Nur Alim, M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah sering terjadinya aksi-aksi kekerasan yang bersumber dari pemahaman yang radikal. Kecenderungannya, tindakan radikal tidak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa, tetapi juga remaja. Dalam hal ini, Guru PAI berupaya untuk menciptakan suasana keagamaan yang sehat di sekolah. Memberikan pemahaman tentang akidah yang benar dengan mengintegrasikan nilai-nilai kebhinekaan dan kebangsaan, sebagai bekal untuk menghindari ajaran radikal yang menyebabkan aksi-aksi kekerasan yang mengetasnamakan agama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru PAI dalam mencegah paham radikalisme peserta didik di SMA Negeri 1 Amonggedo. Penelitian ini dalaah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi.Subyek penelitian adalah Guru PAI informannya adalah Kepala Sekolah, dan siswa SMA Negeri 1 Amonggedo. Untuk mengetahui keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, waktu. Sedangkan, analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan makna tersebut dapat ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa strategi guru PAI dalam mencegah paham radikalisme peserta didik yakni dengan proses pembelajaran di kelas dan melalui kegiatan di luar kelas. Strategi yang dilakukan dalam proses pembelajaran di kelas meliputi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar. Sedangkan strategi yang dilakukan di luar kelas meliputi, kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS), pesantren kilat, pembiasaan kegiatan keagamaan, pendampingan kegiatan ekstrakurikuler. Kata Kunci: Radikalisme, Strategi, Guru PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Radikalisme, Strategi, Guru PAI
Uncontrolled Keywords: Radikalisme, Strategi, Guru PAI
Subjects: Agama
Kinerja Guru
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:32
Last Modified: 10 Aug 2022 07:32
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3718

Actions (login required)

View Item View Item