PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 92 KENDARI

SUKMAWATI, NIM: 17010104038,, S (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 92 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
SKRIPSI SUKMAWATI - NIM. 17010104038 - PGMI_COVER_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SUKMAWATI - NIM. 17010104038 - PGMI_BAB I_2.pdf

Download (599kB)
[img] Text
SKRIPSI SUKMAWATI - NIM. 17010104038 - PGMI_BAB II_3.pdf

Download (776kB)
[img] Text
SKRIPSI SUKMAWATI - NIM. 17010104038 - PGMI_BAB III_4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SUKMAWATI - NIM. 17010104038 - PGMI_BAB IV_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SUKMAWATI - NIM. 17010104038 - PGMI_BAB V_6.pdf

Download (592kB)
[img] Text
SKRIPSI SUKMAWATI - NIM. 17010104038 - PGMI_LAMPIRAN_7.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK SUKMAWATI, NIM: 17010104038, Judul : Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SD Negeri 92 Kendari, melalui bimbingan bapak Dr. Abdul Kadir, M.Pd. Tujuan utama penelitian ini : (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik di SD Negeri 92 Kendari. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik di SD Negeri 92 Kendari. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran daring dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik di SD Negeri 92 Kendari. Penelitian Kuantitatif ini menggunakan pendekatan survei yang dilaksanakan di SD Negeri 92 Kendari dengan menggunakan stratified random sampling, penulis mengambil sampel 30% dari populasi yang berjumlah 201 peserta didik. Data pembelajaran daring dikumpulkan dengan menggunakan angket dan rata-rata nilai ulangan harian pada mata pelajaran IPA . Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistiik deskriptif melalui rumus persentase dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik (Uji normalitas, uji linearitas) dan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi berganda dimana pada analisis tersebut terdapat uji parsial (t) dan uji simultan (f). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar yaitu diperoleh nilai t hitung > t tabel ( 8,377 > 2,002), dengan taraf signifikansi 5% (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar diperoleh nilai t hitung > t tabel (9,6378 > 2,002), dengan taraf signifikansi 5% (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran daring dan motivasi belajar sebesar 40,6 % terhadap hasil belajar. Pada persamaan regresi linier berganda diperoleh bahwa koefisien pembelajaran daring (X1) dan motivasi belajar (X2) bernilai positif sehingga hal itu menandakan bahwa adanya hubungan positif antara pembelajaran daring dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Kata Kunci: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring. ABSTRACT Sukmawati, NIM. 17010104038. The Influence of Online Learning and Learning Motivation on Student Learning Outcomes at SD Negeri 92 Kendari, (Supervised By: Dr. Abdul Kadir M.Pd) The main objectives of this study: (1) to determine whether there is an effect of online learning on student learning outcomes at SD Negeri 92 Kendari. (2) to find out whether there is an influence of learning motivation on student learning outcomes at SD Negeri 92 Kendari. (3) to find out whether there is an effect of online learning and learning motivation on student learning outcomes at SD Negeri 92 Kendari. This quantitative study uses a survey approach which was carried out at SD Negeri 92 Kendari using stratified random sampling, the author took a sample of 30% of the population of 201 students. Online learning data were collected using questionnaires and daily test results in science subjects. Data analysis was carried out using descriptive statistical analysis through percentage formulas and inferential statistical analysis consisting of classical assumption tests (normality test, linearity test) and hypothesis testing using multiple regression analysis where in the analysis there was a partial test (t) and simultaneous test (f). The results of this study indicate that: (1) There is an effect of online learning on learning outcomes, namely the value of t count > t table (8,377 > 2,011). (2) There is an influence of learning motivation on learning outcomes obtained by the value of t count > t table (9.6378 > 2.011). (3) There is an effect of online learning and learning motivation of 40,6 % on learning outcomes. In the multiple linear regression equation, it is found that the coefficient of online learning (X1) and learning motivation (X2) is positive so that it indicates that there is a positive relationship between online learning and learning motivation on learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, Learning Motivation, Online Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring.
Subjects: Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 11 Aug 2022 01:20
Last Modified: 11 Aug 2022 01:20
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3723

Actions (login required)

View Item View Item