ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 SAWA KABUPATEN KONAWE UTARA

Lusi Susiawati, NIM. 16010110023, L (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 SAWA KABUPATEN KONAWE UTARA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Lusi Susiawati, NIM. 16010110023 “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Sawa Kabupaten Konawe Utara”. Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari. Dibimbing oleh: Dr. Masdin, M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika karena adanya faktor-faktor kesulitan belajar yang dialami siswa. Kesulitan belajar yang dialami berakibat pada prestasi yang kurang pada mata pelajaran ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika dan solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologis. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII dan guru matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengetahui keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa data hasil ulangan semester 2 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawa didapatkan 4 orang siswa yang mendapat nilai dibawah KBM. Faktor penyebab siswa SMP Negeri 1 sawa mengalami kesulitan dalam belajar yakni terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi minat, motivasi, konsentrasi, dan kebiasaan belajar. Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor media ajar, dan faktor lingkungan belajar. Adapun Solusi penanganan siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika yakni, memberikan motivasi, pemberian remedial dan menggunakan metode mengulang dan kolaborasi. Kata Kunci: Hasil Belajar, Penyebab Kesulitan Belajar, Solusi Penanganan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kesulitan Belajar, Solusi Penanganan
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Solusi Penanganan
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:00
Last Modified: 11 Aug 2022 03:00
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3729

Actions (login required)

View Item View Item