PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 5 RANOMEETO KAB. KONAWE SELATAN

Yuni Nur Sagita, Nim: 17010104040., Y (2022) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 5 RANOMEETO KAB. KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Yuni Nur Sagita, Nim: 17010104040. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 5 Ranomeeto (Dibimbing Oleh : Dra. Hj. St Fatimah K. M.A Dan Muhammad Ilham S.Pd., M.Pd) Tujuan penelitian ini : (1) Untuk mengkaji bagaimana kondisi pembelajaran jarak jauh yang diterapkan di SD Negeri 5 Ranomeeto. (2) Untuk mengkaji pengaruh penerapan metode pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 5 Ranomeeto. Penelitian Kuantitatif ini menggunakan pendekatan survei yang dilaksanakan di SD Negeri 92 Kendari dengan jumlah populasi sebanyak 40 orang siswa. Data metode pembelajaran jarak jauh dikumpulkan dengan menggunakan angket sedangkan data hasil belajar diperoleh dari nilai ulangan harian siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistiik deskriptif melalui rumus persentase dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik (Uji normalitas, uji linearitas dan uji heteroskedastisitas) dan pengujian hipotesis menggunakan uji regeresi linear sederhana untuk menguji pengaruh variabel bebas (metode pembelajaran jarak jauh) terhadap variabel terikat (hasil belajar). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran jarak jauh yang diterapkan di SD Negeri 5 Ranomeeto menggunakan aplikasi whatsapp sebagai cara alternatif ditengah situasi pandemi. Pembelajaran ini memberikan banyak waktu bagi siswa dalam melangsungkan pembelajaran kapanpun dan dimanapun. Namun sebagian wali siswa menganggap bahwa penggunaan aplikasi whatsapp dalam pembelajaran jarak jauh kurang efektif, siswa cepat merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran yang dilangsungkan, dikarenakan guru menggunakan media pembelajaran yang tidak bervariasi. (2) Terdapat pengaruh metode pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar yang diperoleh dari nilai R square yang dihitung dengan koefisien korelasi yakni sebesar 0,864 hal ini menunjukkan pengaruh yang kuat. Sedangkan persentase secara simultan untuk variabel metode pembelajaran jarak jauh adalah sebesar 90% dan untuk variabel hasil belajar sebesar 84,87%. Pada persamaan regresi linear sederhana diperoleh koefisien variabel metode pembelajaran jarak jauh (X) bernilai positif, dengan perolehan nilai F hitung sebesar 7,440 dan T hitung 8,818 sehingga hal itu menandakan adanya pengaruh antara metode pembelajaran jarak jauh (X) terhadap hasil belajar (Y). Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Jarak Jauh. ABSTRACT Yuni Nur Sagita. Nim: 17010104040. The Influence of The Application of Distance Learning Methods on Student Learning Outcomes at SD Negeri 5 Ranomeeto, South Konawe Regency. (Supervised by: Dra. Hj. St Fatimah K. M.A Dan Muhammad Ilham S.Pd., M.Pd) This study aims to examine how the conditions of distance learning are applied in SD Negeri 5 Ranomeeto and to examine the effect of the application of distance learning methods on student learning outcomes at SD Negeri 5 Ranomeeto. This quantitative research uses a survey approach with a population of 40 students. Distance learning method data were collected using a questionnaire, while learning outcomes data were obtained from students' daily test scores. Data analysis was carried out using descriptive statistical analysis through percentage formulas and inferential statistical analysis consisting of classical assumption tests (normality test, linearity test and heteroscedasticity test) and hypothesis testing using simple linear regression test to test the effect of independent variables (distance learning method) on the dependent variable (learning outcomes). The results of this study indicate that distance learning implemented at SD Negeri 5 Ranomeeto using the whatsapp application provides a lot of time for students to carry out learning anytime and anywhere. However, some guardians of students consider that the use of the WhatsApp application in distance learning is less effective, students quickly feel bored in participating in the learning that is taking place, because the teacher uses learning media that does not vary. Then there is the effect of distance learning methods on learning outcomes obtained from the value of R square which is calculated with a correlation coefficient of 0.884 which shows a very strong influence. While the simultaneous contribution of distance learning methods to learning outcomes is 92.7%. In the simple linear regression equation, the distance learning method variable coefficient (X) is positive, so that it indicates the influence of distance learning method (X) on learning outcomes (Y). Keywords : Learning Outcomes, Distance Learning Method

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Jarak Jauh.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Jarak Jauh.
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:11
Last Modified: 11 Aug 2022 03:11
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3730

Actions (login required)

View Item View Item