PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 11 RANOMEETO

Sahabuddin, 16010104017,, S (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 11 RANOMEETO. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (14MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (13MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (13MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (13MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (13MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Sahabuddin, 16010104017, Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di SDN 11 Ranomeeto. Pembimbing: Aliwar S.Ag., M.Pd. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 11 Ranomeeto, bertujuan: 1) Untuk mengetahui sistem pembelajaran online di SDN 11 Ranomeeto. 2) Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas V dengan menggunakan pembelajaran online di SDN 11 Ranomeeto. 3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Matematika kelas V di SDN 11 Ranomeeto. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan survey dengan penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian di SD Negeri 11 Ranomeeto dengan jumlah responden 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis desriptif dan analisis inferensial. Sistem pembelajaran online di V SD Negeri 11 Ranomeeto selama pandemi Covid-19 yaitu menggunakan media pembelajaran online seperti aplikasi Whatsapp. Setelah dilakukan hasil penelitian untuk mengetahui motivasi belajar siswa dilakukan dengan membagikan angket kepada siswa dengan sebanyak 22 responden. Setelah dilakukan pengolahan data diketahui variabel motivasi belajar siswa terletak pada kategori (sedang). Permasalahan yang terjadi pada variabel motivasi belajar siswa disebabkan karena masih adanya permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran online, seperti siswa kesulitan dalam menggunakan aplikasi belajar karena proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan pembelajaran online serta komunikasi siswa dan guru terbatas, sehingga tidak semangat dalam mengikuti pelajaran. Nilai koefisien sederhana (r) 0,935 ini dapat diinterpretasikan bahwa hubungan variabel pembelajaran online terhadap motivasi belajar berada pada kategori (sangat kuat). Nilai koefisien determinasi (KD) menunjukkan berapa besar pengaruh variabel pembelajaran online terhadap motivasi belajar yang diperoleh adalah 87,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pembelajaran online memiliki kontribusi pengaruh sebesar 87.5% terhadap variabel motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 11 Ranomeeto dan sisanya 12,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci : Pembelajran Online, Motivasi Belajar. ABSTRACT Sahabuddin, 16010104017, The Effect of Online Learning on Students' Motivation in Learning Mathematics at SDN 11 Ranomeeto. Supervisor: Aliwar S.Ag., M.Pd. This research was conducted at SD Negeri 11 Ranomeeto, aiming: 1) To find out the online learning system at SDN 11 Ranomeeto. 2) To determine the level of learning motivation of fifth grade students by using online learning at SDN 11 Ranomeeto. 3) To find out the effect of online learning on students' learning motivation in learning Mathematics for class V at SDN 11 Ranomeeto. This study uses a survey approach with quantitative research. The research location is in SD Negeri 11 Ranomeeto with 22 students as respondents. The data collection techniques used were observation, questionnaires, and documentation, while the data analysis techniques used descriptive analysis and inferential analysis. The online learning system at SD Negeri 11 Ranomeeto during the Covid-19 pandemic was using online learning media such as the Whatsapp application. After doing the research results to determine student learning motivation is done by distributing questionnaires to students with as many as 22 respondents. After processing the data, it is known that the variable of student learning motivation lies in the (medium) category. The problems that occur in the variable of student learning motivation are due to the fact that there are still problems in the implementation of online learning, such as students having difficulty using learning applications because the learning process is carried out using online learning and communication between students and teachers is limited, so they are not enthusiastic in participating in lessons. This simple coefficient value (r) 0.935 can be interpreted that the relationship between online learning variables and learning motivation is in the (very strong) category. This simple coefficient value (r) 0.935 can be interpreted that the relationship between online learning variables and learning motivation is in the (very strong) category. The value of the coefficient of determination (KD) shows how much influence the online learning variable has on the learning motivation obtained is 87.5%. So it can be concluded that the online learning variable has an influence contribution of 87.5% on the learning motivation variable of fifth grade students at SD Negeri 11 Ranomeeto and the remaining 12.5% is influenced by other factors not discussed in this study. Keywords: Online Learning, Learning Motivation.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajran Online, Motivasi Belajar.
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:43
Last Modified: 12 Aug 2022 02:43
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3736

Actions (login required)

View Item View Item