Rosanti. NIM. 18010110044, R (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 BUNGKU. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
COVER.pdf Download (711kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (176kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (184kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (273kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (100kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
Text
LAMPIRAN SRIPSI.pdf Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK Rosanti. NIM. 18010110044. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Bungku. Dibimbing Oleh: Imaludin Agus, M.Pd. dan Sri Anandari Safaria, S.Pd.,M.Pd. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika adalah model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) yang dalam proses pembelajarannya menggunakan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) di SMP Negeri 4 Bungku. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung di SMP Negeri 4 Bungku. 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Bungku. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini yaitu quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bungku yang terdiri dari dua kelas berjumlah 44 siswa. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling, kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar matematika dan lembar observasi terkait keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskritif dan analisis inferensial yang selanjutnya dianalisis menggunakan independent sampel t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) pada materi bentuk aljabar meningkat cukup baik dengan yaitu sebesar 52,38 % dengan nilai rata-rata posttest sebesar 60,86; (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi bentuk aljabar masih rendah yaitu sebesar 21,74 % dengan nilai rata-rata posttest yaitu 39,66; (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Realistic Mathematic Education, Hasil Belajar, Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Realistic Mathematic Education |
Subjects: | Matematika Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 06:04 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 06:04 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3742 |
Actions (login required)
View Item |