MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK GARUDA KECAMATAN LANDONO KABUPATEN KONAWE SELATAN

Sulasiah, 16010105008, S (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK GARUDA KECAMATAN LANDONO KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENARI.

[img] Text
SKRIPSI SULASIAH_COVER_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SULASIAH_BAB I_2.pdf

Download (786kB)
[img] Text
SKRIPSI SULASIAH_BAB II_3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SULASIAH_BAB III_4.pdf

Download (707kB)
[img] Text
SKRIPSI SULASIAH_BAB IV_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SULASIAH_BAB V_6.pdf

Download (844kB)
[img] Text
SKRIPSI SULASIAH_LAMPIRAN_7.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sulasiah, 16010105008. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar Berseri Pada anak kelompok A Usia 4-5 Tahun Di TK Garuda Kecamatan Landono kabupaten Konawe Selatan. Dibimbing oleh: Erdiyanti,S.Ag., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran perkembangan berbicara anak pada kelompok A di TK Garuda , (2) metode gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak pada kelompok A di TK Garuda. penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus model kemmis dan Mc taggart yang memiliki empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. setiap siklus dilakukan dengan tiga kali pertemuan.Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A TK Garuda Kecamatan landono Kabupaten Konawe Selatan. Perkembangan kemampuan berbicara anak mengalami perubahan yang sangat baik. Pada siklus 1 pertemuan ketiga menunjukkan kemampuan berbicara anak dominan berada pada kriteria ketuntasan 58,34% atau berada pada kategori cukup. Pada siklus 2 pertemuan ketiga menunjukkan kemampuan berbicara anak berada pada rentang penilaian berkembang sesuai harapan dengan kriteria ketuntasan sebanyak 75% atau berada dalam kategori baik. kemampuan berbicara pada indikator anak dapat menyampaikan pendapat, anak dapat menceritakan kembali sesuai urutan gambar, indikator anak dapat menyebutkan bagian-bagian dari gambar berseri, dan indikator anak dapat menyebutkan gambar secara utuh kriteria ketuntasannya 75%. Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Media gambar Berseri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kemampuan Berbicara, Media gambar Berseri
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbicara, Media gambar Berseri
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 15 Aug 2022 08:12
Last Modified: 15 Aug 2022 08:12
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3753

Actions (login required)

View Item View Item