POLA PEMBINAAN RELIGIUSITAS SISWA SMA NEGERI 4 KONAWE SELATAN

Ambo Dalle. NIM. 16010101033, A (2022) POLA PEMBINAAN RELIGIUSITAS SISWA SMA NEGERI 4 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ambo Dalle. NIM. 16010101033 “Pola Pembinaan Religiusitas Siswa SMA NEGERI 4 Konawe Selatan”. Melalui Bimbingan Dra Rahmawati M.Pd Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola pembinaan religiusitas siswa di SMAN 4 Konawe Selatan serta apa saja faktorfaktor yang menjadi penghambat dan pendukung di SMAN 4 Konawe Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap pola pembinaan religiusitas siswa di SMAN 4 Konawe Selatan, kegiatan pembinaan religiusitas SMAN 4 Konawe Selatan, dan faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung di SMAN 4 Konawe Selatan. Manfaat penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan manfaat baik secara teoritis maupun praktis, juga bermanfaat bagi mahasiswa dan juga bagi penulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan-tahapan: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pola pembinaan religiusitas siswa di SMAN 4 Konawe Selatan yaitu pola pembinaan demokratis,pola pembinaan otoriter, pola pembinaan permisif. Adapun kegiatan dalam pembinaan religiusitas siswa SMAN 4 Konawe Selatan yaitu adanya kegiatan ceramah oleh guru, kultum secara bergiliran oleh siswa, yasinan setiap hari jumat sore, serta adanya kegiatan pembinaan BTQ (baca tulis quran). Adapun faktor pendukungnya yaitu, dukungan dari kepala sekolah, serta adanya semangat dan antusias pada diri siswa, adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya prasarana yang memadai serta masih ada beberapa siswa yang kurang merespon ketika mengikuti kegiatan ini sehingga perlu ada upaya yang dilakukan oleh pengurus kegiatan agar hal-hal demikian bisa teratasi. Kata kunci : Pola Pembinaan, Religiusitas, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pola Pembinaan, Religiusitas, Siswa
Uncontrolled Keywords: Pola Pembinaan, Religiusitas, Siswa
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 16 Aug 2022 00:31
Last Modified: 16 Aug 2022 00:31
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3755

Actions (login required)

View Item View Item