PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERPENDEKATAN SETS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS NEGERI 3 BUTON TENGAH

Sasa Mazda, NIM. 17010107018, S (2022) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERPENDEKATAN SETS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS NEGERI 3 BUTON TENGAH. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sasa Mazda, NIM. 17010107018 Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berpendekatan SETS Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII MTS Negeri 3 Buton Tengah (Dibimbing Oleh: Bapak Ismaun S.Si., M.Si) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berpendekatan SETS di MTS Negeri 3 Buton Tengah, hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional serta pengaruh model Inkuiri Terbimbing Berpendekatan SETS dalam meningkatkan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTS Negeri 3 Buton Tengah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-1 dan VIII-4. Teknik pengumpulan data pada penenlitian ini menggunakan tes pilihan ganda dan dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimen Design). Uji validasi menggunakan rumus korelasi product moment, dan uji reliabiitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik dan analisis inferensial. Hasil belajar siswa menggunakan model Inkuiri Terbimbing berpendekatan SETS ditemukan bahwa nilai rata-rata sebelum perlakuan (pretest) adalah 30,4 dan nilai rata-rata sesudah perlakuan (posttest) adalah 85,6. Sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional ditemukan bahwa nilai rata-rata sebelum perlakuan (pretest) adalah 28,8 dan nilai rata-rata sesudah perlakuan (posttest) adalah 76,64. Hasil penelitian ditemukan bahwa ada pengaruh model Inkuiri Terbimbing berpendekatan SETS terhadap peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai thitung sebesar 4,580 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,677. Dari data ini menunjukan bahwa nilai thitung> ttabel, sehingga hipotesis diterima dimana variable model Inkuiri Terbimbing berpendekatan SETS (X) berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar (Y). Kata Kunci: MTs Negeri 3 Buton Tengah, Model Inkuiri Terbimbing Pendekatan SETS, Hasil Belajar. ABSTRACT Sasa Mazda, NIM. 17010107018 Influence of Guided Inquiry Learning Model with SETS Approach on Science Learning Outcomes of Class VIII Students of MTS Negeri 3 Buton Tengah (Supervised By: Mr. Ismaun S.Si., M.Si) This study aims to determine the learning outcomes of students who are taught using the SETS Approach Guided Inquiry Learning model at MTS Negeri 3 Buton Tengah, the learning outcomes of students who are taught using the conventional learning model and the effect of the SETS Approach Guided Inquiry model in improving learning outcomes. The population in this study were all eighth grade students of MTS Negeri 3 Buton Tengah. The samples used in this study were class VIII-1 and VIII-4. Data collection techniques in this research using multiple choice tests and documentation. The research approach used is quantitative with a quasi-experimental research type (Quasi Experimental Design). The validation test uses the product moment correlation formula, and the reliability test uses the Cronbach Alpha formula. The data analysis technique used in this research is statistical analysis technique and inferential analysis. Student learning outcomes using the Guided Inquiry model using the SETS approach, it was found that the average score before treatment (pretest) was 30.4 and the average score before treatment (posttest) was 85.6. While the learning outcomes of students who use conventional learning models that the average before treatment (pretest) is 28.8 and the average value before treatment (posttest) is 76.64. The results of the research that there is an influence of the Guided Inquiry model using the SETS approach to improving student learning outcomes is found with a tcount of 4.580 while a t-table value of 1.677. From these data, it shows that the value of tcount > ttable, so the hypothesis is accepted where the model variable guided inquiry with SETS approach (X) has a significant effect on learning outcomes (Y). Keywords: MTs Negeri 3 Buton Tengah, Guided Inquiry Model SETS Approach, Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Terbimbing Pendekatan SETS
Subjects: Ilmu Murni
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 16 Aug 2022 01:12
Last Modified: 16 Aug 2022 01:12
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3757

Actions (login required)

View Item View Item