POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH DI MTs TRIDANA MULYA KECAMATAN LANDONO KABUPATEN KONAWE SELATAN

MELIA TRIHAPSARI, NIM. 11010103006 (2015) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH DI MTs TRIDANA MULYA KECAMATAN LANDONO KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Cover.doc

Download (91kB)
[img] Text
Bab I.doc

Download (60kB)
[img] Text
Bab II.doc

Download (118kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (51kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (37kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.doc

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK MELIA TRIHAPSARI, NIM. 11010103006, Judul: Pola Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah di MTs Tridana Mulya Kecamatan Landono Kabupaten Konawe Selatan (Dibimbing Oleh: Dr. Abdul Kadir, M.Pd dan St. Aisyah Mu’min, S.Ag., M.Pd) Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengungkapkan pola komunikasi interpersonal kepala madrasah Tridana Mulya Kecamatan Landono. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pola komunikasi interpersonal kepala madrasah Tridana Mulya Kecamatan Landono? 2) Apa faktor yang mempengaruhi pola komunikasi intepersonal kepala madrasah Tridana Mulya Kecamatan Landono? Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Tridana Mulya Kecamatan Landono Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 (empat) sejak bulan Juli sampai Oktober 2015. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara secara langsung, melakukan pengamatan dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian adalah guru dan kepala madrasah Tridana Mulya Kecamatan Landono. Analisis data menggunakan model analisis yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yang terdiri atas tiga tahapan penting, yakni pengumpulan data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Pola komunikasi yang digunakan kepala Madrasah Tsanawiyah Tridana Mulya Kecamatan Landono adalah pola komunikasi linear, yaitu komunikasi yang dilakukan oleh kepala madrasah dengan cara memposisikan dirinya setara/ sederajat dengan guru. Bentuk komunikasi yang dilakukan oleh kepala madrasah dapat melalui bahasa lisan, seperti menyapa, bercerita, atau memberikan instruksi langsung kepada guru. Bentuk lain komunikasi interperosnal kepala madrasah adalah dengan melalui bahsa tubuh, seperti senyum, merangkul, dan bersalaman dengan guru. 2) Faktor pendukung komunikasi interpersonal kepala Madrasah Tsanawiyah Tridana Mulya Kecamatan Landono adalah: a) Iklim komunikasi yang baik antara kepala madrasah dengan guru, b) Media komunikasi sudah tersedia/ handphone, dan c) Loyalitas dan dedikasi dari masing-masing guru. 3) Faktor penghambat komunikasi interpersonal kepala sekolah dan guru adalah hambatan pekerjaan dari kepala madrasah dan masing-masing guru sehingga sulit menentukan waktu yang pas untuk menentukan waktu pelaksanaan komunikasi interpersonal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Kadir, M.Pd dan St. Aisyah Mu’min, S.Ag., M.Pd)
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 07 Oct 2017 03:18
Last Modified: 07 Oct 2017 03:18
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/376

Actions (login required)

View Item View Item