IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH PESANTREN UMMUSSHABRI KENDARI

Riska Amelia. 17010101129., R (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH PESANTREN UMMUSSHABRI KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Riska Amelia. 17010101129. Implementasi Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Aliyah Pesantren Ummusshabri Kendari. Dibimbing Oleh Dr. H. Moh Yahya Obaid, M.Ag Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran model blended learning dalam mata pelajaran AlQur’an Hadits kelas XI Madrasah Aliyah Pesantren Ummusshabri Kendari, (2) mengetahui kendala-kendala yang dialami selama menggunakan model blended learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI Madrasah Aliyah Pesantren Ummusshabri Kendari, serta (3) mengetahui upaya apa saja yang dilakukan saat menghadapi kendala-kendala yang dialami dalam menggunakan model blended learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI Madrasah Aliyah Pesantren Ummusshabri Kendari. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, tringulasi teknik, tringulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Implementasi pembelajaran blended learning pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits keseluruhan bisa dikatakan lebih dari cukup karena kerap menemukan kendala dalam penerapannya salah satunya koneksi internet. Pembelajaran ini mampu membuat santri belajar mandiri dan bersaing secara sehat dalam mengerjakan kuis melalui classroom (2) Kendala yang di hadapi terkait jaringan, kuota dan santri yang tidak mengikuti prosedur proses pembelajaran (3) Dalam mengatasi kendala penerapan model pembelajaran blended learning memberikan tugas pengayaan secara situasional, kondisi koneksi internet lab komputer dan membuat tugas rumah ketika koneksi sedang tidak bagus di sekolah. Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran blended learning, Al-Qur’an Hadits

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Implementasi, Pembelajaran blended learning, Al-Qur’an Hadits
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran blended learning, Al-Qur’an Hadits
Subjects: Pendidikan
Al-Qur'an
Al-Hadist
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 19 Aug 2022 08:03
Last Modified: 19 Aug 2022 08:03
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3763

Actions (login required)

View Item View Item