PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN SISWA DI MA DDI LABIBIA KECAMATAN MANDONGA KOTA KENDARI

Depitriani Halim, 17010101029, D (2022) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN SISWA DI MA DDI LABIBIA KECAMATAN MANDONGA KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. cover-daftar isi.pdf

Download (519kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (264kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (108kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Depitriani Halim, 17010101029, Problematika Baca al-Qur’an siswa di MA DDI Labibia Kecamatan Mandonga Kota Kendari. Dibimbing oleh Dra. Hj. Marlina M.Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran baca al-Qur’an siswa di MA DDI Labibia, (2) untuk mengetahui problematika apa saja yang didapatkan selama pembelajaran baca al-Qur’an siswa di MA DDI Labibia, (3) untuk mengetahui solusi apa yang dilakukan untuk mengatasi problematika dalam pembelajaran baca al-Qur’an siswa di MA DDI Labibia. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu yang komponennya terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) proses pembelajaran baca al-Quran siswa di MA DDI Labibia menerapkan 3 kategori yitu siswa yang masih belajar iqra huruf, siswa yang sudah pintar membaca tapi tajwidnya masih kurang, dan siswa yang bagus bacaannya tapi masih terbatah-batah, (2) probelamatika yang terjadi di MA DDI Labibia ada beberapa, yaitu: problematika yang berhubungan dengan tingkat perkembangan peserta didik, problematika yang berhubungan dengan penguasaan dan pengembangan materi, problematika yang berhubungan dengan pengelolaan kelas dan metode mengajar, problematika yang berhubungan evaluasi yang disebabkan karena munculnya verbalisme, (3) solusi yang dilakukan untuk mengatasi problematika dalam pembelajaran baca al-Qur’an siswa di MA DDI Labibia ada beberapa, yaitu: menggunakan metode mengajar yang tepat dan disesuaikan dengan gaya belajar (learning style) masing-masing siswa, pendekatan Inquiry Discovery Learning dan mengadakan pre test. Kata Kunci: Problematika Baca al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Problematika Baca al-Qur’an
Uncontrolled Keywords: Problematika Baca al-Qur’an
Subjects: Pendidikan
Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 19 Aug 2022 08:27
Last Modified: 19 Aug 2022 08:27
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3767

Actions (login required)

View Item View Item