PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA KONSEP PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SD-SMP SATAP NEGERI 12 POLEANG TIMUR

Yusrin. NIM 18010110046, Y (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA KONSEP PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SD-SMP SATAP NEGERI 12 POLEANG TIMUR. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Yusrin. NIM 18010110046. Development of interactive mathematics learning media based on Macromedia Flash in SD-SMP Satap Negeri 12 Poleang Timur. Supervised by Muh. syarwa sangila S.Pd, M.Pd and Dedyerianto S.Si. M.Si This study aims to produce a valid, practical and effective Macromedia Flashbased interactive mathematics learning media in SD-SMP Satap Negeri 12 Poleang Timur. This study uses the R and D (Research and Development) method. This media development model is a 4D (Four-D) development model which stands for Define, Design, Development, and Dissemination. This study also uses a classroom action research (CAR) setting. The research data were obtained by using an observation questionnaire, a media expert questionnaire, a material expert questionnaire, a linguist questionnaire, a student response questionnaire and a learning outcome test. Based on the assessment of media experts with a presentation of 90.6%, it shows that the media is very valid. The material expert's assessment with a presentation of 96.8% shows that the learning media is very valid and the linguist's assessment with a 97.7% presentation shows that the learning media is very effective. So from the assessment of the validators (linguists, material experts and linguists) it shows that the interactive mathematics learning media based on Macromedia Flash is very valid. The practicality of the media is seen from the results of students' responses to the interactive mathematics learning media based on Macromedia Flash, the accumulated response of all students is a presentation of 81.9% so that the interactive mathematics learning media based on Macromedia Flash is very practical. Based on the results of classical learning at SD-SMP Satap Negeri 12 Poleang Timur which is worth 65%, this media is effectively used. Keywords: Interactive Mathematics Learning Media; class setting (PTK), Macromedia Flash 8; ABSTRAK Yusrin. NIM 18010110046. Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis Macromedia Flash di SD-SMP Satap Negeri 12 Poleang Timur. Dibimbing oleh Muh. syarwa sangila S.Pd, M.Pd dan Dedyerianto S.Si. M.Si Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika interaktif berbasis Macromedia Flash yang valid, praktis dan efektitif di SD-SMP Satap Negeri 12 Poleang Timur. Penelitian ini menggunakan metode R and D (Research and Development), Research and Development (R and D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Model pengembangan media ini adalah model pengembangan 4D (Four-D) merupakan singkatan dari Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), and Dissemination (penyebaran). penelitian ini juga menggunakan seting kelas penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian ini di peroleh menggunakan angket observasi, angket ahli media, angket ahli materi, angket ahli bahasa, angket respon siswa dan tes hasil belajar. hasil pada penelitian ini adalah sekolah SD-SMP Satap Negeri 12 Poleang Timur terdukung untuk menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan penilaian ahli media dengan presentasi 90,6% menunjukan bahwa media tersebut sangat valid dan tidak perlu direvisi. Penilaian dari ahli materi dengan presentasi 96,8% menunjukan bahwa media pembelajaran sangat valid dan tidak perlu di revisi dan penilaian ahli bahasa dengan presentasi 97,7% menujukan bahwa media pembelajaran sangat baik dan tidak perlu di revisi. Sehingga dari penilaian validator (ahli bahasa, ahli materi dan ahli bahasa) menunjukan bahwa media pembelajaran matematika interaktif berbasis Macromedia Flash sangat valid. Kepraktisan media dapat kita lihat dari hasil respon siswa terhadap media pembelajaran matematika interaktif berbasis Macromedia Flash, Akumulasi dari respon seluruh siswa yaitu presentasi 81,9% sehingga media pembelajaran matematika interaktif berbasis Macromedia Flash sangat praktis. Berdasarkan hasil belajar klasikal SD-SMP Satap Negeri 12 Poleang timur yang bernilai 65 % sehingga media ini efektif untuk digunakan di gunakan. Kata Kunci: Media Pembelajaran Matematik Interaktif; seting kelas PTK Macromedia Flash 8;

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Media Pembelajaran Matematik Interaktif; seting kelas PTK Macromedia Flash 8;
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Matematik Interaktif; seting kelas PTK Macromedia Flash 8;
Subjects: Matematika
Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 22 Aug 2022 01:38
Last Modified: 22 Aug 2022 01:38
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3771

Actions (login required)

View Item View Item