PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN SISTEM ONLINE DI MIN 1 KENDARI

ISMAIL. NIM: 16010104051, I (2022) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN SISTEM ONLINE DI MIN 1 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ISMAIL. NIM: 16010104051 “Problematika Pembelajaran Aqidah Akhlak Dengan Sistem Online Di MIN 1 Kendari” melalui bimbingan ibu Sitti Aisyah Mu‟min S.Ag, M.Pd.I Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran Aqidah Akhlak dengan sistem online di MIN 1 Kendari. Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah bagaimana problematika pembelajaran Aqidah Akhlak dengan sistem online di MIN 1 kendari Manfaat penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan manfaat baik secara teoritis maupun praktis juga bermanfaat bagi mahasiswa maupun penulis. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang ditemukan terkait problematika pembelajaran Aqidah Akhlak dengan sistem online di MIN 1 Kendari adalah sebagai berikut: pertama, Problematika peserta didik: 1) Kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang disajikan. 2) Sebagian peserta didik belum bisa membaca al-quran dengan Lancar. 3. Kurangnya antusias peserta didik. 4) Keterbatasan sarana penunjang 5. Paket data. Kedua, Problematika guru: 1) Aplikasi pembelajaran online. 2) Metode. 3) Penilaian. 4) Kurangnya pengawasan. Selanjutnya upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran online yaitu: Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dengan memasukkan gambar, animasi dan vidio yang berkaitan dengan materi pada saat menyajikan materi, pihak sekolah berupaya memberikan paket data dari dana subsidi tertentu dan guru berupaya mendatangi rumah peserta didik dan memberikan buku atau fotocopy materi pelajaran, guru berupaya belajar sendiri cara penggunaan aplikasi mengajar online dengan nonton video di youtube, dan guru berupaya mengatasinya dengan mempelajari metode dalam mengajar online meskipun belum sepenuhnya dipraktekkan dan guru mengupayakan meningkatan kualitas komunikasi dan kerjasama dengan para orangtua siswa Kata Kunci: Problematika, Aqidah Akhlak, Pembelajaran Online

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Problematika, Aqidah Akhlak, Pembelajaran Online
Uncontrolled Keywords: Problematika, Aqidah Akhlak, Pembelajaran Online
Subjects: Aqidah
Ahlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:20
Last Modified: 22 Aug 2022 02:20
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3777

Actions (login required)

View Item View Item