PERAN DAN STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMAN 1 PONDIDAHA

Rizki Shilvania. 17010101100., R (2022) PERAN DAN STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMAN 1 PONDIDAHA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (728kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (463kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)

Abstract

ABSTRAK Rizki Shilvania. 17010101100. Peran Dan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran Di SMAN 1 Pondidaha. Dibimbing Oleh Dr. H. Muh Ikhsan S.Ag, M.Ag Penelitian ini berujuan untuk mengetahui bagaimana peran serta strategi yang diterapkan oleh guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca alQuran peserta didik di SMAN 1 Pondidaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Milles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peran guru pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik sangat berperan penting dalam perubahan sikap menjadi lebih baik serta memiliki kesadaran diri yang lebih dewasa lagi untuk melaksanakan tugas-tugasnya sebagai peserta didik.(2) Strategi yang diterapkan oleh pendidik harus yag mudah dimengerti dan dipahami sehingga peserta didik dapat dengan mudah mengerti apa yang diajarkan dan agar tujuan pendidikan tersebut dapat tercapai. (3) Adapun kesulitan-kesulitan yang sering Dialami oleh siswa antara lain sulit membedakan huruf hijaiyyah )س( )ش( ()ث )ظ( )ذ( )ص(, dan juga sulit untuk membedakan panjang pendek serta tempat berhentinya, pengucapan makhrojul huruf dan kurangnya latihan membaca al-Quran dirumah kaena kebanyakan bermain. Kata Kunci: Peran, Strategi, Kesulitan dan Pendidikan Agama Islam ABSTRACT Rizki Shilvania. 17010101100. The Role and Strategies of Islamic Education Teachers in Overcoming Difficulties in Reading Al-Quran at SMAN 1 Pondidaha. Supervised by Dr. H. Muh Ikhsan S.Ag, M.Ag This study aims to determine how the roles and strategies applied by Islamic religious education teachers in overcoming the difficulties of reading the Koran of students at SMAN 1 Pondidaha. This research uses a descriptive qualitative approach. Data were collected using observation, interview and documentation techniques. Data analysis was performed using the Milles and Huberman model, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study indicate that (1) the role of Islamic religious education teachers as a motivator in increasing the spiritual intelligence of students is very important in changing attitudes for the better and having a more mature self-awareness to carry out their duties as students. (2) The strategy adopted by educators must be easy to understand and understand so that students can easily understand what is being taught and so that the goals of education can be achieved. (3) The difficulties often experienced by students include difficulty distinguishing the letters hijaiyyah (ظ( )ذ( )ص( )س( )ش( )ث), and it is also difficult to distinguish short lengths and places where they stop, pronouncing macros. letters and lack of practice reading the Koran at home because they play too much. Keywords: Role, Strategy, Difficulty and Islamic Religious Education

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Peran, Strategi, Kesulitan dan Pendidikan Agama Islam
Uncontrolled Keywords: Peran, Strategi, Kesulitan dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Manajemen
Al-Qur'an
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:13
Last Modified: 22 Aug 2022 03:13
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3781

Actions (login required)

View Item View Item