PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KAIZALA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 13 KONAWE SELATAN

Dilla Falensy, NIM: 17010108025, D (2022) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KAIZALA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 13 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dilla Falensy, NIM: 17010108025. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kaizala Sebagai Media Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sel Di Kelas XI IPA, Dibimbing Oleh: Ir. Muragmi Gazali M.Ed dan Hilda Ayu Melvi Amalia S.Si., M.Sc Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui penggunaan aplikasi kaizala oleh peserta didik di SMA Negeri 13 Konawe Selatan. (2) mengetahui hasil belajar Biologi pada peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 13 Konawe Selatan. (3) mengetahui pengaruh antara penggunaan aplikasi kaizala terhadap hasil belajar Biologi peserta didik kelas XI di SMA Negeri 13 Konawe Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 13 Konawe Selatan, sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sebanyak 57 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) pada peserta didik. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu tehnik analisis statistic deskriptif, tehnik analisis statistic inferensial: uji prasyarat (uji normalitas, uji linearitas, uji) dan uji hipotesis (uji regresi linear sederhana, uji t, uji koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Analisis deskriptif data variabel X (penggunaan aplikasi kaizala) menunjukan nilai Mean = 85.61 dengan frekuensi tertinggi yakni 42 = 74% berada pada kategori Sedang, 2) Analisis deskriptif data variabel Y (hasil belajar Biologi) menunjukan nilai Mean = 72.67 dengan frekuensi tertinggi yakni 36 = 63% berada pada kategori sedang, 3) pengaruh penggunaan aplikasi kaizala terhadap hasil belajar Biologi materi sel diperoleh nilai uji signifikan thitung sebesar 4,355, dikonsultasikan dengan ttabeldiperoleh ttabel2,004 sehingga thitung>ttabelyaitu 4,355>2,004. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan aplikasi kaizala terhadap hasil belajar Biologi materi sel siswa pada kelas XI IPA di SMA Negeri 13 Konawe Selatan. Besar sumbangan variabel X terhadap variabel Y adalah 10,3% dan sisanya dipengaaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas pada penelitian ini. Kata Kunci : Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kaizala, Hasil Belajar Biologi ABSTRACT Dilla Falensy, NIM: 17010108025. The Effect of Using the Kaizala Application as a Learning Media During the Covid-19 Pandemic on Learning Outcomes of Cell Biology in Class XI Science, Supervised By: Ir. Muragmi Gazali M.Ed and Hilda Ayu Melvi Amalia S.Si., M.Sc The purpose of this study was (1) to determine the use of the Kaizala application by students at SMA Negeri 13 Konawe Selatan. (2) knowing the learning outcomes of Biology in class XI science students at SMA Negeri 13 Konawe Selatan. (3) determine the effect of the use of the Kaizala application on the Biology learning outcomes of class XI students at SMA Negeri 13 Konawe Selatan. This research is a quantitative research using the Survey method. The population in this study were all students of class XI science at SMA Negeri 13 Konawe Selatan, the samples used in this study were 57 samples. The data collection technique used in this study used a questionnaire (questionnaire) to students. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis technique, inferential statistical analysis technique: prerequisite test (normality test, linearity test, test) and hypothesis testing (simple linear regression test, t test, coefficient of determination test). The results showed that: 1) Descriptive analysis of variable X data (using the Kaizala application) showed the Mean value = 85.61 with the highest frequency of 42 = 74% being in the Medium category, 2) Descriptive analysis of Y variable data (Biology learning outcomes) showed the Mean value. = 72.67 with the highest frequency of 36 = 63% being in the medium category, 3) the effect of using the Kaizala application on cell biology learning outcomes obtained a significant test value of tcount of 4,355, in consultation with ttable obtained ttable 2,004 so that tcount> ttable that is 4,355>2,004. This shows that there is a significant effect between the use of the Kaizala application on the learning outcomes of student cell biology in class XI science at SMA Negeri 13 Konawe Selatan. The contribution of variable X to variable Y is 10.3% and the rest is influenced by other variables not discussed in this study Keywords: The Effect of Using Kaizala Application, Biology Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Aplikasi Kaizala
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Kaizala
Subjects: Ilmu Murni
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 24 Aug 2022 08:13
Last Modified: 24 Aug 2022 08:13
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3796

Actions (login required)

View Item View Item