Annisa Kusumawati. 17010101125, A (2022) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RANAH AFEKTIF SISWA DI SMA NEGERI 11 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
COVER.pdf Download (70kB) |
|
Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (225kB) |
|
Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (191kB) |
|
Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (207kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (123kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (202kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (219kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (49kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (34kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (779kB) |
Abstract
ABSTRAK Annisa Kusumawati. 17010101125. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Ranah Afektif Siswa Di SMA Negeri 11 Kendari. Dibimbing oleh Dra. Marlina Gazali. M.Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif khususnya pada minat dan sikap peserta didik di SMA Negeri 11 Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Upaya yang dilaksanakan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif yaitu dengan selalu memperhatikan peserta didik didalam kelas, menjadi tauladan yang baik bagi para peserta didik dan mengembangkan materi bahan ajar dengan sterategi yang bagus agar muda dipahami pesarta didik sehingga pesarta didik dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya., melakukan pembiasaan-pembiasan, mengadakan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan , seperti Rokhis, Imtaq, ibadah rutin dan pemberian motivasi. (2) Kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif khususnya minat dan sikap peserta didik dalam pembelajaran umumnya datang dari peserta didik yang memiliki kemampuan yang berbeda-beda sehingga pada saat pembelajaran berlangsung terkadang ada peserta didik yang mengeluh karena susah untuk mengimbangi peserta didik lainnya serta pengorganisasian waktu dalam proses pembelajaran yang kurang tepat, maka dari itu guru mengupayakan agar didalam pembelajaran menggunakan metode yang tepat, bekerja sama dengan guru lain untuk selalu memeberikan nasehat, melakukan pengawasan terhadapan pelanggaran dan selalu memberikan motivasi. Kata Kunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Ranah Afektif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Ranah Afektif |
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Ranah Afektif |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 07:31 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 07:31 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3806 |
Actions (login required)
View Item |