STRATEGI DAKWAH ISLAMIC CENTRE MU’ADZ BIN JABAL (ICM) KOTA KENDARI

JUNIA NINGSIH. NIM. 18030101026., J (2022) STRATEGI DAKWAH ISLAMIC CENTRE MU’ADZ BIN JABAL (ICM) KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (661kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (544kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (661kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (526kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (546kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (525kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK JUNIA NINGSIH. NIM. 18030101026. Strategi Dakwah Islamic Centre Mu’adz Bin Jabal (ICM) Kota Kendari. Dibimbing Oleh : Dra. Rahmawati M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Dakwah Islamic Centre Mu’adz bin Jabal (ICM) Kota Kendari. Dan kemudian menyajikandua rumusan masalah yaitu : (1) Bagaimana straregi dakwah Islamic Centre Mu’adz bin jabal (ICM) Kota Kendari ?. (2) Bagaimana respon masyarakat terhadap aktivitas dakwah Islamic Centre Mu’adz bin Jabal Kota Kendari ?.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu menggambarkan kejadian realita yang terjadi secara menyeluruh, teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi/studi dokumentas.Teknik analisis data yang digunakan yaitu (1) Reduksi data (2) Penyajian data (3) Penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan data.Hasil penelitian di Islamic Centre Mu’adz bin Jabal Kota Kendari yaitu. (1) Strategi dakwah yang di gunakan Islamic Centre Mu’adz bin Jabal, yang pertama menggunakan metode pendekatan kepada masyarakat dalam bentuk bantuan sosial, berupa pendistribusian sembako, kurma, layanan kesehatan, layanan pendidikan baik formal maupun non formal, bantuan kepengurusan jenazah dan menyediakan pemakaman umum yang di sebut Ma’la Kendari. Yang kedua memberikan layanan keagamaan berupa kajian konsepsional atau kajian teori tentang bagaimana memahamkan ajaran Islam sesuai Al-qur’an dan Assunnah. Dengan memberikan nuansa yang berbeda khususnya di Kota Kendari seperti pemilihan tema yang romantis dan unik, serta latar pengadaan kajian terlihat seperti bengkel namun modis dan modern mengikuti tren anak muda jaman sekarang, namun tidak menghilangkan nilai-nilai keIslaman. Yang ketiga penggunaan teknologi komunikasi dengan memanfaatkan media-media penyiaran seperti Radio, televisi dan Internet. (2) Terkait respon masyarakat terhadap dakwah ICM mendapatkan respon tinggi yakni adanya nilai-nilai kebenaran yang di dakwahkan sehingga dapat di terimah oleh akal sebagian masyarakat sehingga mau mengikuti dan menerima dakwah, karena dakwah yang di sampaikan bukan hanya di lihat bagaimana Da’I menyampaikan seruannya kepada masyarakat melainkan bagaimana di implementasikan di kehidupan sehari-harinya, sehingga masyarakat menilai baik dan menjadikan sebuah contoh untuk di terapkan di kehidupannya. Sedangkan untuk respon rendahnya di terimah dakwah ICM karena masyarakat memiliki pendapat masing-masing untuk menerima dakwah baik itu di terimah sebagian dakwahnya atau tidak sama sekali tergantung bagaimana masyarakat itu menilai dan menanggapi dakwah yang di sampaikan. Kata Kunci :Strategi, Dakwah, Masyarakat, Islamic Centre Mu’adz bin Jabal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: :Strategi, Dakwah
Uncontrolled Keywords: :Strategi, Dakwah
Subjects: Komunikasi
Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:04
Last Modified: 31 Aug 2022 01:04
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3812

Actions (login required)

View Item View Item