PENDIDIKAN ALTERNATIF DALAM MENANGGULANGI MASALAH ANAK PUTUS SEKOLAHDI SMP TERBUKA 3 KENDARI

MARIANI, NIM. 10010101013 (2014) PENDIDIKAN ALTERNATIF DALAM MENANGGULANGI MASALAH ANAK PUTUS SEKOLAHDI SMP TERBUKA 3 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
CAVER.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK MARIANI, Nim. 10010101013. “Pendidikan Alternatif Dalam Menanggulangi Masalah Anak Putus Sekolah Di SMP Terbuka 3 Kendari”.JurusanTarbiyah Program StudiPendidikanAgama Islam, MelaluiBimbinganDrs. H. Moh. Yahya Obaid, MA dan La Hadisi, S.Ag, M.Pd.I Skripsi ini membahas tentang PendidikanAlternatifDalamMenanggulangiMasalahAnakPutusSekolah Di SMP Terbuka 3 Kendari, dengan rumusanmasalahBagaimana proses penyelenggaraanpendidikanalternatif di SMP Terbuka 3 Kendari, Bagaimanabentukpenanggulangananakputussekolah di SMP Terbuka 3 Kendari, danKendala-kendalaapakah yang terjadidalampelaksanaanpendidikanalternatifdalammenanggulangianakputussekolah di SMP Terbuka 3 Kendari. Penelitianinibertujuan untuk mendiskripsikanpelaksanaanpendidikan alternatifdanmendeskripsikanpenanggulangan anak putus sekolahdiSMP Terbuka 3 Kendari. Tehnikpengumpulan data adalahwawancara, observasi/pengamatandandokumentasi/pencatatan yang sistematisterhadapgejala-gejala yang diteliti.PendidikanAlternatif di SMP Terbuka 3 Kendariyang dimaksud yaitu SMP Terbuka sebagai model pendidikan non konvensional yang berbentuksekolahpublik untuk menampungsiswa-siswitamatan SD yang karenaalasantertentutidakdapatmengikuti program pendidikantatapmuka (reguler) agar memperolehkesempatanmelanjutkanpendidikan.Sedangkananak putus sekolahdiSMP Terbuka 3 Kendariyang dimaksudolehpenelitiadalahsiswa-siswitamatansekolahdasar (SD) yang telahberhentidarimengikutipendidikanpadasekolahreguler (SMP/MTs) dansaatinitengahmengikutipendidikanalternatifpadaSMP Terbuka 3 Kendari. Berdasarkan hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut (1) Pendidikan Alternatif dalam menanggulangi masalah anak putus sekolah di SMP Terbuka 3 Kendari, telah dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari proses perencanaan kegiatannya, mengelola atau mengorganisir kegiatan, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan mengevaluasi kegiatan yang kesemua itu telah berjalan sesuai harapan. (2) Sedangkankendala-kendala dalam pelaksanaan pendidikan alternatif yaitu siswa kadang-kadang malas masuk, motivasi siswa kurang, siswa sering bolos, guru harus menyesuaikan dengan keinginan siswa, dan siswa hanya mengejar ijasah saja bukan untuk mencari ilmu.(3) Kemudian Pendidikan alternatif di SMP Terbuka 3 Kendari telah menanggulangi anak putus sekolah. Hal ini terlihat dari beberapa siswa yang Sekolah di SMP Terbuka 3 Kendari mereka banyak yang berhasil, ada yang jadi polisi, Pegawai Negeri Sipil (PNS), kepala desa, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Moh. Yahya Obaid, MA dan La Hadisi, S.Ag, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN ALTERNATIF, ANAK PUTUS SEKOLAH
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 09 Oct 2017 00:38
Last Modified: 09 Oct 2017 00:38
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item View Item