PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBINAAN BACAAN AL-QUR’AN DI RUMAH QUR’AN MAHASISWA (RQM) FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK) IAIN KENDARI

SELPIANA NIM. 18010101036, S (2022) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBINAAN BACAAN AL-QUR’AN DI RUMAH QUR’AN MAHASISWA (RQM) FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK) IAIN KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK SELPIANA NIM. 18010101036. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembinaan Bacaan Al-Qur’an di Rumah Qur’an Mahasiswa FTIK IAIN Kendari, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri Kendari (IAIN) melalui bimbingan Dr. Abbas, S. Ag, M.A dan Aminudin, S. Ag, M.A Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum RQM FTIK, bentuk pembinaan bacaan al-Qur’an di RQM FTIK, dan persepsi mahasiswa terhadap pembinaan bacaan al-Qur’an di RQM FTIK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran umum Rumah Qur’an Mahasiswa FTIK terdiri dari sejarah terbentuknya RQM, visi dan misi RQM, sarana dan prasarana, struktur kepengurusan RQM, mentor, dan mahasiswa binaan (2) Bentuk pembinaan al-Qur’an di RQM FTIK IAIN Kendari adalah pembinaan klasikal dan pembinaan talaqqi (praktik). Pembinaan talaqqi terbagi menjadi dua yaitu pembinaan wajib dan pembinaan khusus. (3) Persepsi mahasiswa terkait dengan pembinaan di RQM tidak sejalan. Beberapa mahasiswa beranggapan bahwa pembinaan di RQM itu bagus, dan beberapa mahasiswa juga mengatakan kurang bagus. Mahasiswa yang mengatakan bagus merupakan mahasiswa yang menerima dan merasakan feedback yang baik dari RQM, seperti senang mengikuti pembelajaran di RQM, senang dengan mentornya dan sebagainya. Sedangkan mahasiswa yang mengatakan kurang bagus merupakan mahasiswa yang menerima dan merasakan feedback yang kurang baik dari RQM, seperti mengeluh karena sudah berkali-kali mengikuti ujian namun tidak pernah lulus, dan lain-lain. Kata Kunci: Pembinaan, RQM FTIK, Persepsi Mahasiswa. ABSTRACT SELPIANA NIM. 18010101036. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembinaan Bacaan Al-Qur’an di Rumah Qur’an Mahasiswa FTIK IAIN Kendari, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri Kendari (IAIN) melalui bimbingan Dr. Abbas, S. Ag, M.A dan Aminudin, S. Ag, M.A This study aims to determine the general description of FTIK RQM, the form of fostering the reading of the Qur’an at RQM FTIK. This research uses qualitative appoarch. The data sourch in this study are divided into two namely primary data sources and secondary data sourch. Data collected with using interview, observation and documentation techniques. The results showed that: (1) General descriptions of the Qur’an House FTIK students consist of the history of he formation of RQM, the vision and mission of RQM, facilities and infrastructure, RQM management structure, mentors, and student guidance (2) The form of al-Qur’an coaching at RQM FTIK IAIN Kendari is classical coaching talaqqi (practice). Talaqqi coaching is divided into two, namely mandatory training and special coaching in RQM is not in line. Some students thing that coaching at RQM is good, and some students too say not good. Students who say good are students who receive and feel good feedback from RQM, such as happy to take part in learning at RQM, happy with the mentor and etc. Meanwhile, students who say they are not good are students who receive and feel bad feedback from RQM, like complaining because you have take the exam many times but never pass, and so on. Keywoard: Development, FTIK RQM, Student Perception.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembinaan, RQM FTIK, Persepsi Mahasiswa.
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, RQM FTIK, Persepsi Mahasiswa.
Subjects: Al-Qur'an
Al-Qur'an dan Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 30 Sep 2022 08:36
Last Modified: 30 Sep 2022 08:36
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3881

Actions (login required)

View Item View Item