“ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LIMIT FUNGSI PADA JURUSAN IPS DI MAN 1 KONAWE SELATAN”

Umul Nuraisyah, NIM: 17010110008., U (2022) “ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LIMIT FUNGSI PADA JURUSAN IPS DI MAN 1 KONAWE SELATAN”. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (730kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (887kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (802kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (587kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (631kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Umul Nuraisyah, NIM: 17010110008. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Pada Jurusan IPS Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Konawe Selatan, Dibimbing Oleh: Muh. Syarwa Sangila, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan-kesalahan dilakukan oleh siswa, mengetahui faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada jurusan IPS dalam menyelesaikan soal limit fungsi dan bagaimana solusi untuk mengatasi siswa yang melakukan kesalahan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 13 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini dengan memotret hasil kerja Siswa, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas XI Jurusan IPS MAN 1 Konawe Selatan dalam menyelesaikan soal materi Limit Fungsi berdasarkan analisis kesalahan Newman terdiri dari 5 kesalahan yang terjadi pada materi Limit Fungsi, yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami masalah, kesalahan tranformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban. Kesalahan terbanyak yaitu kesalahan penulisan jawaban sebesar 98 % dan kesalahan paling sedikit yang dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan membaca sebesar 23 %. Faktor penyebab kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi Limit Fungsi yaitu: siswa tidak terbiasa membaca simbol-simbol matematika, siswa tidak memahami materi Limit Fungsi yang sudah diberikan oleh guru, siswa tidak tahu rumus yang seharusnya digunakan dan ada beberapa siswa yang menyontek kepada temannya pada saat menyelesaikan soal karena tidak paham metode penyelesaian yang seharusnya digunakan, siswa salah dalam melakukan perhitungan dan kurang cermat dalam menyelesaikan soal, siswa salah dalam menulis jawaban dan siswa tidak menuliskan kesimpulan pada jawabannya. Solusi untuk mengatasi siswa dalam melakukan kesalahan dalam penyelesaikan soal Limit Fungsi yaitu hendaknya guru membiasakan siswa untuk membaca kata-kata atau simbol-simbol matematika, guru lebih sering dalam memberikan soal-soal pemecahan masalah agar siswa terbiasa dengan kondisi tersebut, guru memastikan bawa siswa memahami materi dan rumus-rumus yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal,guru memastikan bahwa siswa sudah tuntas pada materi limit fungsi,guru meminta siswa untuk mengecek kembali lembar pekerjaan sebelum dikumpulkan. Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Limit Fungsi ABSTRACT Umul Nuraisyah, NIM: 17010110008. Analysis of Student Errors in Solving Function Limit Problems in Social Studies Department at Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Konawe Selatan, Supervised By: Muh. Syarwa Sangila, M.Pd. This study aims to analyze the errors made by students, find out the factors that cause errors made by students in solving function limit problems and solutions to overcome students who make mistakes. This research is a type of qualitative descriptive research with 13 students as the subject. Data collection techniques used in this study by photographing student work, interviews and documentation. Based on the results of data analysis, the types of errors made by class XI students in the Social Sciences Department of MAN 1 Konawe Selatan in solving the Limit Function questions based on Newman's error analysis consisted of 5 errors that occurred in the Limit Function material, namely reading errors, misunderstanding problems, transformation errors, errors process skills, and writing errors of answers. The most errors were errors in writing answers by 98% and the least errors made by students, namely reading errors by 23%. Factors causing errors made in solving math problems on the Limit Function material, namely: students are not accustomed to reading mathematical symbols, students do not understand the Limit Function material given by the teacher, students do not know the formula that should be used and there are some students who cheat on his friend when solving the problem because he did not understand the solution method that should be used, the student was wrong in doing calculations and was not careful in solving the problem, the student was wrong in writing the answer and the student did not write the conclusion in the answer. The solution to overcome students in making mistakes in solving Function Limit questions is that teachers should familiarize students with reading words or mathematical symbols, teachers are more frequent in providing problem solving questions so that students are familiar with these conditions, teachers ensure bring students to understand the material and formulas that will be used in solving problems, the teacher ensures that students have completed the function limit material, the teacher asks students to re-check the work sheet before it is collected. Keywords: Error Analysis, Function Limit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Analisis Kesalahan, Limit Fungsi
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Limit Fungsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 06 Oct 2022 01:15
Last Modified: 06 Oct 2022 01:15
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3909

Actions (login required)

View Item View Item