IMPLEMENTASI PAIKEM PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH AL-AZHAR AMONDO KECAMATAN PALANGGA KABUPATEN KONAWE SELATAN

FATMAWATI, NIM : 11010101077 (2015) IMPLEMENTASI PAIKEM PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH AL-AZHAR AMONDO KECAMATAN PALANGGA KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (139kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Fatmawati, Nim. 11010101077. Implementasi PAIKEM Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI Di Madrasah Aliyah Al-Azhar Amondo Kecamatan Palangga Kabupaten Konawe Selatan. (Dibimbing oleh: Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I, Dan Raehang, S.Ag, M.Pd.I Skripsi berjudul “Implementasi PAIKEM Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Azhar Amondo Kecamatan Palangga Kabupaten Konawe Selatan”. Masalah utama yang dibahas adalah bagaimana Implementasi PAIKEM Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Azhar Amondo Kecamatan Palangga Kabupaten Konawe Selatan ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi PAIKEM pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas XI Madrasah Aliyah Al-Azhar Amondo Kecamatan Palangga Kabupaten Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengambilan informasi menggunakan metode snowball sampling artinya pengambilan informasi dilakukan dengan cara terus sampai datanya jenuh dan mendapatkan jawaban yang memuaskan. Penentuan informan ditempuh metode penunjukan informan yang dianggap penting terkait dengan penelitian, diantaranya Guru Aqidah Akhlak, Kepala Sekolah, dewan guru dan siswa. Pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, wawancara, studi dokumentasi, sedangkan pengelolaan data menempuh teknik reduksi data, display data, verifikasi data, kemudian diadakan pengecekkan keabsahan melalaui pendekatan trianggulasi. Skripsi ini menunjukkan bahwa Guru Akidah Akhlak di Kelas XI MA Al-Azhar Amondo telah menerapkan pembelajaran PAIKEM, hal ini berdasarkan penuturan informan bahwa pembelajaran Akidah Akhlak dilaksanakan dengan aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Salah satunya dengan menerapkan metode Reading Guide dan metode Everyone Is A Teacher Here. Faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran PAIKEM di Kelas XI MA Al-Azhar Amonda yaitu, a) faktor pendukung seperti, skenario pembelajaran, rangkuman materi, dan sistem kompetisi. Sedangkan faktor penghambat seperti, terbatasnya sumber belajar dan kurang tersedianya waktu, serta perlunya adaptasi siswa pada proses pembelajaran. Adapun solusi untuk mengatasi hambatan tersebut adalah memanfaatkan pengalaman siswa sebagai sumber belajar, memantapkan setiap tahapan pada langkah-langkah pembelajaran agar efektif waktu, melatih siswa secara terus menerus agar terbiasa dengan pembelajaran PAIKEM. Adapun upaya untuk mengatasi hambatan adalah dengan mematangkan RPP agar lebih evesien waktu pembelajaran, membuat rangkuman lalu menggandakannya untuk dibagikan kepada siswa dan meningkatkan bimbingan saat pembelajaran PAIKEM berjalan agar siswa cepat menyesuaikan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I, Dan Raehang, S.Ag, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: PAIKEM, MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK
Subjects: Aqidah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:07
Last Modified: 09 Oct 2017 02:07
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/391

Actions (login required)

View Item View Item