METODEMENGAJAR GURUKELAS RENDAH DALAMPEMBELAJARAN JARAKJAUH PADA MASA PANDEMICOVID-19

Sitti Nurjanna. NIM. 17010104010., N (2022) METODEMENGAJAR GURUKELAS RENDAH DALAMPEMBELAJARAN JARAKJAUH PADA MASA PANDEMICOVID-19. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf

Download (842kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (700kB)
[img] Text
4. ORISINALITAS.pdf

Download (654kB)
[img] Text
5. PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (669kB)
[img] Text
5. PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (669kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (978kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (522kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (956kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (924kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (823kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (590kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (593kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Sitti Nurjanna. NIM. 17010104010. Metode Mengajar Guru Kelas Rendah Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa PandemiCovid-19. Dibimbing oleh : Dra Hj St Fatimah K M.A Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis : 1) Penerapan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemic covid-19 di SD Negeri 1 Ranomeeto. 2) Metode mengajar yang diterapkan guru selama berlangsungnya pembelajaran jarak jauh di SD Negeri 1 Ranomeeto. 3) Kendala apa yang dihadapi guru selama menerapkan metode mengajar saat berlangsungnya pembelajara jarak jauh di SD Negeri 1 Ranomeeto. Adapun jenis penelitian ini adalahdeskriptif dengan pendekatan kualitatif.Penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mengungkap kejadian atau fakta, keadaan, fenomena yang terjadi saat penelitian berlangsung dengan menyuguhkan apa yang sebenarnya terjadi. Penelitian ini tidak membuat perbandingan variabel pada sampel lain dan tidak mencari hubungan variabel dengan variabel yang lain. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan cara reduksi data dilakukan dengan triangulasi, perpanjang pengamatan, dan member chek. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: penerapan pembelajaran jarak jauh pada kelas rendah di SD Negeri 1 Ranomeeto dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi whatsApp, pemberian materi, pemberian tugas, dan evaluasi dilakukan dalam grub whatsApp yang dibuat oleh masing-masing wali kelas. Adapun metode mengajar yang di terapkan guru antara lain, metode diskusi, metode tanya jawab, metode demonstrasi, dan metode pemberian tugas. Guru juga mendapatkan kendala saat penerapan metode mengajar pada pembelajaran jarak jauh yaitu, keterbatasan media pembelajaran online dan kurangnya keaktifan peserta didik saat berlangsungnya pembelajaran jarak jauh. Kata Kunci: Metode Mengajar, Pembelajaran Jarak Jauh, Pandemi Covid-19 ABSTRAK Sitti Nurjanna. NIM. 17010104010. Metode Mengajar Guru Kelas Rendah Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa PandemiCovid-19. Dibimbing oleh : Dra Hj St Fatimah K M.A This qualitative study aims to examine and analyze the teaching methods of lowgrade teachers in distance learning during the covid-19 pandemic, for the application of distance learning in low-grade classes during the Covid-19 pandemic, what teaching methods are applied by low-grade teachers during the COVID-19 pandemic. distance learning and teacher constraints when implementing teaching methods in distance learning. Data was collected through interviews and documentation. The results of data analysis show that the implementation of distance learning uses the WhatsApp application with a structured learning implementation process using a special lesson plan for distance learning. As in general, this distance learning lesson plan contains 3 activities, namely, opening activities, core activities, closing activities that are adapted to current conditions. The teaching methods used by teachers during distance learning are: discussion methods, question and answer, demonstrations, and recitations. The obstacles faced by teachers when implementing teaching methods during distance learning are, the limitations of online learning media and the lack of student activity. Keywords:. Teaching methods; distance learning, covid-19 pandemic

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Metode Mengajar, Pembelajaran Jarak Jauh, Pandemi Covid-19
Uncontrolled Keywords: Metode Mengajar, Pembelajaran Jarak Jauh, Pandemi Covid-19
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:46
Last Modified: 06 Oct 2022 02:46
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3914

Actions (login required)

View Item View Item