MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IV SDN 11 ABELI KOTA KENDARI

SAMRINA, NIM : 10-01-01-01-062 (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IV SDN 11 ABELI KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (274kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (12kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK SAMRINA. NIM: 10010101062.‘’Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Di Kelas IV SDN 11 Abeli Kota Kendari’’. Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Dibimbing Oleh Dr. Husain Insawan. M.Ag dan Ir. Ety Nur Inah. M.Si. Rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SDN 11 Abeli yang menjadi fakta bahwa kurang variasinya penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division ( STAD ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) pada Kelas IV SDN 11 Abeli Kota Kendari? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan satu siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN 11 Abeli tahun pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 11 Abeli dengan jumlah siswa 25 orang siswa yang terdiri dari 15 perempuan dan 10 laki-laki. Prosedur penelitian yang terdiri dari : Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Observasi, Evaluasi dan Refleksi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi bagi guru dan siswa untuk melihat kondisi pelaksanaan tindakan, jurnal refleksi diri dan evaluasi tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini ada 2 macam yaitu skenario pembelajaran dan hasil belajar. Skenario pembelajaran dikatakan tuntas jika minimal 90% skenario pembelajaran telah terlaksana dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa dikatakan berhasil apabila minimal 80% siswa telah memperoleh nilai 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pendidikan Agama Islam di kelas IV SDN 11 Abeli Kota kendari. Ini dapat ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal siswa pada siklus I pertemuan I meningkat dari 40% dengan nilai rata-rata 57,96 (tes awal) menjadi 68% dengan nilai rata-rata 70 (tes siklus I pertemuan I) pada pokok bahasan sifat jaiz Allah SWT , dan pada siklus I pertemuan II ketuntasan belajar siswa secara klasikal semakin meningkat menjadi 92% dengan nilai rata-rata 80,8 (tes siklus I pertemuan II) pada pokok bahsan kisah Nabi Adam A.S, dengan ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pendidikan Agama Islam di kelas IV SDN 11 Abeli kota Kendari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Husain Insawan. M.Ag dan Ir. Ety Nur Inah. M.Si
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, SISWA, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:24
Last Modified: 09 Oct 2017 02:24
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item View Item