Cici Cahayani. NIM. 16010101130., C (2022) PELAKSANAAN PROGRAM TARBIYAH ISLAMIYAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTs AL WAHDAH KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
COVER.pdf Download (24kB) |
|
Text
2. Pengesahan Skripsi.pdf Download (269kB) |
|
Text
3. Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (235kB) |
|
Text
4. Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir Untuk Kepentingan Akademis.pdf Download (220kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (314kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (43kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (113kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (114kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (164kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (560kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (249kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (139kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Cici Cahayani. NIM. 16010101130. Pelaksanaan Program Tarbiyah Islamiyah Melalui Kreasi Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di MTs Al Wahdah Kendari. Dibimbing oleh: Dr. H. Nur Alim, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan (1) pelaksanaan program Tarbiyah Islamiyah melalui Kreasi di MTs Al Wahdah Kendari, (2) karakter peserta didik di MTs Al Wahdah Kendari, dan (3) faktor pendukung dan penghambat program Tarbiyah Islamiyah dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Al Wahdah Kendari. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam bentuk deskriptif kualitatif dengan melakukan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yang mencakup triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Tarbiyah Islamiyah melalui Kreasi di MTs Al Wahdah Kendari dilakukan melalui tiga (3) tahap, yaitu; persiapan, pelaksanaan program, dan evaluasi pelaksanaan program Kreasi. Pelaksanaan program Tarbiyah Islamiyah melalui Kreasi dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs Al Wahdah Kendari melalui pembinaan model halaqah dan penanaman nilai-nilai yang bersumber dari agama yakni Al-Qur’an dan Al Hadits dengan penggunaan metode pemberian nasehat dan pemberian contoh teladan yang baik di dalamnya. Karakter peserta didik di MTs Al Wahdah Kendari yang terbentuk melalui pembinaan program Tarbiyah Islamiyah melalui Kreasi yaitu karakter religius dengan indikatornya yakni memiliki adab dan akhlak yang baik dan memiliki sikap atau perilaku patuh dalam melaksanakan ajaran agama dan ibadah. Faktor pendukung program Tarbiyah Islamiyah melalui Kreasi dalam pembentukan karakter peserta didik yakni; (1) adanya peran sekolah atau pihak madrasah untuk mewajibkan peserta didik mengikuti program Tarbiyah Islamiyah melalui Kreasi, (2) tersedianya materi dalam program Kreasi, (3) pemilihan murabbi dan murabbiyah yang menjadi pengajar dalam program Kreasi, dan (4) adanya kerja sama antara orang tua dan pihak madrasah dalam membantu mengontrol peserta didik ketika pulang ke rumah atau berada di kampung. Adapun faktor penghambat program Tarbiyah Islamiyah melalui Kreasi dalam pembentukan karakter peserta didik yakni; (1) kurangnya pengetahuan peserta didik atau mutarabbi tentang program Kreasi, dan (2) kesulitan menyesuaikan waktu di antara murabbi dan mutarabbi mengakibatkan pelaksanaan program tidak berjalan kontinu. Kata kunci: program Tarbiyah Islamiyah, Kreasi, pembentukan karakter, peserta didik. vii
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | rogram Tarbiyah Islamiyah, Kreasi, pembentukan karakter, peserta didik. |
Uncontrolled Keywords: | rogram Tarbiyah Islamiyah, Kreasi, pembentukan karakter, peserta didik. |
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 02:08 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 02:08 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3936 |
Actions (login required)
View Item |