UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SDN 10 MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN

Sri Hardiyanti, Nim 17010104003, S (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SDN 10 MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (776kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sri Hardiyanti, Nim 17010104003 Judul: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN 10 Moramo Kabupaten Konawe Selatan Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah banyak nilai siswa yang belum mencapai nilai KKM yaitu 70. Selain itu, guru dalam pembelajaran masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa merasa tidak termotivasi, antusiasi dalam belajar. Adapun metode pembelajaran yang dimaksud yaitu metode pembelajaran Discovery Learning. Metode pembelajaran ini menjadi salah satu pilihan peneliti yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN 10 Moramo dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SDN 10 Moramo Kabupaten Konawe Selatan, sebanyak 2 siklus. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V pada tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 16 siswa. Adapaun instrument yang digunakan yaitu dokumentasi, tes hasil belajar, lember observasi guru dan siswa. Sedangkan faktor yang diselidiki dalam penelitian ini adalah faktor siswa, guru dan materi, prosedur penelitian ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Standar ketuntasan yang ditetapkan adalah apabila minimal 80% peserta didik mendapat nilai >70. Berdasarkan hasil Penerapan metode pembelajaran Discovery Learning pada siswa kekas V di SDN 10 Moramo pada pra siklus dari 16 siswa terdapat 4 siswa yang tuntas dan 12 siswa yang tidak tuntas dan pada siklus 1 terdapat 7 siswa yang tuntas dan 9 siswa yang tidak tuntas sedangkan pada siklus 2 terdapat 15 siswa yang tuntas dan 1 orang yang tidak tuntas. Kemudian pada siklus I, aktivitas guru berdasarkan lembar observasi mencapai nilai 62. dan aktifitas siswa mencapai nilai57 sedangkan pada sisklus II aktivitas guru mencapai nilai 71 dan aktivitas siswa mencapai nilai 63 Adapun hasil belajar siswa pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada pra siklus mencapai nilai rata sebesar 59,12 dengan presentasi ketuntasan 25%. Setelah dilakukannya tidakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, adapun presentase ketuntasan siswa siklus I yaitu 43,75% dengan nilai rata-rata 65,56. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 80%. Sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan presentase ketuntasan mencapai 93,75% dengan nilai rata-rata 79,68 atau siswa mendapat nilai >70 sebanyak 15 orang dan 1 orang belum mencapai nilai 70, maka metode pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 10 Moramo, desa Marga Cinta Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan. Kata kunci: Metode Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa ABSTRACT Sri Hardiyanti, Nim 17010104003 Title : Efforts to improve student Model Pembelajaranlearning outcomes through the method Discovery Learning on Islamic religious education subjects in class V SDN 10 Moramo south Konawe district This research is motivated by student learning outcomes that are still low, many students scores have not reached the KKM that is 70. In addition, teacher in learning still use conventional methods so that student feel unmotivated. Enthusiasm in learning. As for the learning method in question namely the learning method discovery learning. This research aims to improve student learning outcomes in class V SDN 10 Moramo in learning Islamic religious education by using the method of Discovery Learning. This research is a classroom action research conducted at SDN 10 Moramo south konawe regency in two cycles. The object of this research is the V grade students in the academic year 2021/2022 totaling 16 students. The instrument used is documentation, learning outcomes test, teacher observation sheet and strudent observation sheet. Wheil the factors investigated in this research were student Fctors, teachers and materials, this research procedure starts from planning, implementation of the action, observation, evaluation, and reflection. The standard of completeness set is if it is minimal 80% students get grades >70. Based on the result of the application of learning methods Discovery Learning in class students V in SDN 10 Moramo on cycle I, teacher activity based on the observation sheet achieves grade of 62. And student activity achieved grade of 57 while in cycle II the teacher’s activity reached a value of 71 and student activities achieved grades of 63 as for student learning outcomes in Islamic religious education subjects in the pre cycle the everage value of 59,12 with a complete presentation 25%. After the action cycle I showed an increase in learning outcomes, as for the percentage of students completeness in cycle I namely 43,75% with an average value of 65,56. But has not yet reached the indicator of success nemely 80%. So that it is continued in cycle II. In cycle II student learning outcomes in creased with the percentage of completeness reaching 93,75% with an average value of 79,68 or students get grades >70 as many as 15 people and 1 person has not reached a value of 70, than the learning method Discovery Learning can improve student learning outcomes in Islamic religious education subjects in SDN 10 Moramo, Marga Cinta village, Moramo sub district, south Konawe district. Keywords : Method Discovery Learning, student learning outcomes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Metode Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa
Uncontrolled Keywords: Metode Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:08
Last Modified: 11 Oct 2022 02:08
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3948

Actions (login required)

View Item View Item