PENGARUH PERSEPSI SISWA TERKAIT KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Harnawati, Nim.16010110037, H (2022) PENGARUH PERSEPSI SISWA TERKAIT KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Harnawati, Nim.16010110037 “pengaruh persepsi siswa terkait kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar matematika siswa)” (Dimbimbing Oleh: Dr. Jumarddin La Fua S.Si, M.Si) Kompetensi adalah seperangkat sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh peserta didik setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran, menamatkan suatu program, atau menyelesaikan satuan pendidikan tertentu. Motivasi belajar sangat dibutuhkan untuk tercapainya proses pembelajaran terutama dalam pelajaran matematika. dimana matematika sebagai suatu disiplin ilmu yang melatih siswa untuk berpikir secara logis, rasional, kritis, dan cermat harus mampu menopang kemajuan pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi siswa terkait kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar matematika siswa. Dari data yang diperoleh berupa data kuantitatif dengan pendekatan exco facto dengan pengambilan sampel di mana jumlah populasi 132 siswa dengan jumlah sampel 47 siswa melalui Cluster random sampling dengan rumus slovin sedangkan sumber data diperoleh melalui angket. Alat bantu yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman observasi dan lembar angket kompetensi kepribadian guru dan angket motivasi belajar. Hasil penelitian ini di temukan bahwa, secara simultan kompetensi kepribadian guru tidak memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar matematika siswa dimana terlihat bahwa nilai sig. 0,526 > 0,05 maka H0 ditolek dan H1 diterima, artinya bahwa persepsi siswa terkait kompetensi kepribadian guru tidak berpengatuh terhadap motivasi belajar matematika siswa. Begitu pulah secara parsial berdasarkan hasil perhitungan variabel persepsi siswa terkait kompetensi kepribadian guru menggunakan uji t-test diperoleh nilai thitung = 1.281 . Pada taraf signifikansi α=0,05 dan n=47, dari daftar nilai persentil untuk distribusi t, diperoleh nilai ttabel= 1,679. Karena nilai thitung < ttabel yaitu 1.281 <1,679, maka dapat disimpulkan persepsi siswa terkait kompetensi kepribadian guru(X) tidak berpengaruh terhadap variabel motivasi belajar matematika siswa (Y). Kata Kunci : Kompetensi Kepribadian Guru, Motivasi, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kompetensi Kepribadian Guru, Motivasi, Siswa
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru, Motivasi, Siswa
Subjects: Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 08 Dec 2022 00:41
Last Modified: 08 Dec 2022 00:41
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3984

Actions (login required)

View Item View Item