MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 8 RANOMEETO

Marlina, NIM. 15010104092, M (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 8 RANOMEETO. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Marlina, NIM. 15010104092 “ Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 8 Ranomeeto” dibimbing oleh La Hadisi S. Ag, M.Pd. I Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 8 Ranomeeto pada materi pecahan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), dan mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 8 Ranomeeto pada materi mengubah bentuk pecahan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 8 Ranomeeto, Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siwa 16 orang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Data penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar untuk melihat keberhasilan siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Lembar observasi untuk guru dan siswa digunakan untuk melihat kondisi pelaksanaan tindakan. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Jenis penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif . Data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar matematika berdasarkan evaluasi setiap siklus dan data kualitatif diambil dari hasil observasi. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun masalah dalam penelitian ini adalah: apakah hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 8 Ranomeeto pada materi pecahan dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)? dan Bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN 8 Ranomeeto melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)? Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Hal ini dapat dilihat dari dari persentase setiap siklus. Hasil belajar siswa meningkat dari persentase hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama dan kedua mencapai 56,25% dengan nilai rata-rata 68,13. Hasil belajar pada siklus II pertemuan pertama dan kedua mengalami peningkatan dengan persentase 100% dengan nilai rata-rata 90. Hasil observasi aktivitas guru juga meningkat dari setiap siklusnya. Siklus I pertemuan pertama sebesar 75% dan pertemuan kedua meningkat menjadi 80%. Siklus II pertemuan pertama sebesar 95% dan pertemuan kedua sebesar 100%. Hasil persentase aktivitas siswa meningkat dari siklus I pertemuan pertama 66,67% dan pertemuan kedua meningkat 73,33%. Presentase aktifitas siswa siklus II pertemuan pertama sebesar 86,67%, pertemuan kedua meningkat menjadi 93,33%. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hasil Belajar Matematika
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika
Subjects: Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 08 Dec 2022 00:46
Last Modified: 08 Dec 2022 00:46
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3985

Actions (login required)

View Item View Item