Alfisar Naim. 17010101089, A (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMPN 1 WONGGEDUKU KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
COVER.pdf Download (879kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (542kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (566kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (263kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (180kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
Abstract
ABSTRAK Alfisar Naim. 17010101089. Peran guru Pendidikan agama Islam dalam membina kecerdasan spiritual peserta didik di SMPN 1 Wonggeduku. Dibimbing Oleh Dr. Muh. Shaleh, M.Pd. dan Erdiyanti, S.Ag, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam membina kecerdasan spiritual peserta didik di SMPN 1 Wonggeduku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Milles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran guru pendidikan agama Islam di SMPN 1 Wonggeduku selain menjadi motivator, inspirator dan korektor, yaitu dengan membentuk peserta didik dengan memberikan pengarahan, petunjuk, serta pemahaman dalam bidang pendidikan dan pengajaran agar dapat membentuk siswa yang berkarakter. (2) kendala yang dialami guru pendidikan agama Islam dalam membina kecerdasan spiritual peserta didik di SMPN 1 Wonggeduku umumnya datang dari peserta didik itu sendiri yang mana kesadaran diri dari peserta didik menjadi kendala tersendiri, selain itu sarana dan prasarana dalam hal ini mushola yang digunakan perlu untuk di perluas lagi selanjurnya dari guru PAI itu sendiri yang mana latar belakang dari guru tersebut bukan berasal dari jurusan pendidikan agama Islam. Kata Kunci: Peran guru, kecerdasan spiritual. ABSTRACT Alfisar Naim. 17010101089. The role of Islamic religious education teachers in fostering the spiritual intelligence of students at SMPN 1 Wonggeduku. Supervised by Dr. Moh. Saleh, M.Pd. and Erdiyanti, S.Ag, M.Pd. This study aims to determine how the teacher's role in fostering the spiritual intelligence of students at SMPN 1 Wonggeduku. This study uses a descriptive qualitative approach. Data were collected using observation, interview and documentation techniques. Data analysis was carried out using the Milles and Huberman model, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study indicate that (1) The role of Islamic religious education teachers at SMPN 1 Wonggeduku in addition to being a motivator, inspiration and collector, is by forming students by providing direction, guidance, and understanding in the field of education and teaching in order to form students with character. (2) the obstacles experienced by Islamic religious education teachers in fostering the spiritual intelligence of students at SMPN 1 Wonggeduku generally come from the students themselves where the self-awareness of the students becomes a separate obstacle, besides that the facilities and infrastructure in this case the prayer room used need to be to be expanded further from the PAI teacher itself, where the background of the teacher is not from the Islamic religious education department. Keywords: The role of the teacher, spiritual intelligence
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Peran guru, kecerdasan spiritual. |
Uncontrolled Keywords: | Peran guru, kecerdasan spiritual. |
Subjects: | Kinerja Guru Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 03:13 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 03:13 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3992 |
Actions (login required)
View Item |